Connect with us

Mantap! Pemkot Tangsel Akan Hadirkan Layanan Internet 5G

Ciputat

Mantap! Pemkot Tangsel Akan Hadirkan Layanan Internet 5G

Dalam pengembangan ekosistem dan use cases smart city, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) akan menghadirkan layanan jaringan super cepat, yaitu generasi kelima nirkabel atau biasa disebut 5G.

Hal tersebut dinyatakan dalam diskusi “Rencana Implementasi 5G Kota Tangsel” yang berlangsung di Puspemkot Tangsel, Rabu (6/4/2022).

“Diskusi ini merupakan tindak lanjut dalam rangka pelaksanaan pemanfaatan implementasi 5G di Kota Tangerang Selatan. Sebelumnya telah kita bahas dan diskusikan dengan direktorat jenderal sumber daya perangkat pos dan telematika (sdppi) Kemenkominfo RI,” jelas Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan.

Sebenarnya, lanjut Pilar, rencana implementasi 5G ini telah berhembus lama sejak sebelumnya. Hal itu pernah diutarakan oleh Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.

“Kota Tangerang Selatan sebagai pusat kota bisnis, perdagangan, dan layanan untuk skala domestik dan internasional, termasuk sebagai kota residensial bagi masyarakat urban yang sebagian besar bekerja di DKI Jakarta,” tutur Pilar.

Pilar mengungkapkan, implementasi 5G di wilayah Tangsel didukung oleh beberapa kelebihan dan keunggulan. Menurutnya, selain memiliki lokasi yang strategis, Kita Tangsel juga memiliki berbagai peluang seperti indeks pembangunan manusia (IPM) yang tinggi di atas angka nasional.

“Hal ini didukung juga oleh persentase jumlah pengguna seluler, kemampuan daya beli masyarakat, PDRB per kapita serta laju pertumbuhan ekonomi yang juga sangat tinggi,” tegasnya.

Sebab itu, Pilar sangat berharap agar 5G ini dapat segera diimplementasikan, sehingga pelayanan serta kemudahan untuk menyebarluaskan informasi di kota ini dapat semakin dipercepat.

“Besar harapan kami, di tengah cepatnya perkembangan teknologi industri 4.0 saat ini, serta sempat terhambatnya pertumbuhan ekonomi saat pandemi. Kita dapat bangkit dan segera merealisasikan rencana ini, karena teknologi 5G dapat mendukung berbagai pengembangan smart city di Kota Tangerang Selatan, serta menjadi akselerator tumbuhnya talenta bahkan industri digital atau kreatif di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Tb Asep Nurdin menambahkan, implementasi 5G ini telah didukung secara aturan.

“Bahkan sejak 2019 lalu. Telah didukung sesuai dengan Peraturan Wali Kota tentang infrastruktur pasif telekomunikasi nomor 47/2019,” imbuhnya.

Dalam implementasi jaringan 5G yang super cepat ini, Nurdin bersama pihaknya memiliki beberapa fokus layanan yang akan menjadi keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Pertama, layanan kemudahan informasi. Jadi bagaimana masyarakat ini mendapatkan akses informasi yang sangat cepat. Kedua, layanan dari sisi pendidikan. Ketiga, sisi kesehatan. Keempat, layanan kependudukan, lalu kelima, layanan pajak retribusi dan layanan pajak lainnya. Itu sebenarnya fokus kami,” terangnya.

Lebih lanjut, Nurdin mengutarakan bahwa implementasi 5G di wilayah ini mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari berbagai pihak, terutama pihak operator.

“Alhamdulillah pada hari ini, teman-teman operator hadir semua. Berarti saya lihat Tangsel punya daya tarik. Tangsel punya potensi. Salah satunya dari sisi bisnis mereka tertarik untuk mengembangkan 5G di Tangsel,” tandasnya. (Red/*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top