Connect with us

MPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Ananta Wahana: Masyarakat Harus Berpegang Teguh pada Ideologi Bangsa

BANTEN OKE

MPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar, Ananta Wahana: Masyarakat Harus Berpegang Teguh pada Ideologi Bangsa

Ananta Wahana, salah satu anggota MPR RI Dapil Banten III dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menggelar Sosialisasi Empat Pilar di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Kp Babakan, Bojangnangka, Kabupaten Tangerang, Rabu (30/03/2022).

Bertemakan “Pancasila Sebagai Landasan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, acara tersebut dihadiri oleh kelompok alumni para karyawan pabrik sepatu.

Dalam pemaparannya, Ananta mengatakan bahwa jiwa yang terkandung dalam Pancasila merupakan warisan leluhur Bangsa Indonesia, yang kemudian digali oleh Bung Karno dan menjadi dasar dan pandangan hidup Bangsa Indonesia.

“Makanya, Bung Karno itu tidak pernah mengatakan jika dirinya Pencipta Pancasila, melainkan sebagai Penggali Pancasila, yang kemudian menjadi dasar dan pandangan hidup bangsa Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut, Ananta mengungkapkan bahwa akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan berbagai ideologi dan aliran-aliran yang membuat masyarakat bingung.

Namun demikian, kata Ananta, masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh jika tidak sejalan dengan kondisi bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman budaya, suku dan agama.

“Untuk itu, masyarakat harus tetap berpegang teguh pada idelogi bangsa, yaitu Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Menyinggung soal kondisi ekonomi di tengah pandemi saat ini, lanjut Ananta, sebagai implementasi sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, melalui kemitraannya di Komisi VI DPR RI, pihaknya terus mensosialisasikan program-program kerakyatan yang bisa diserap oleh masyarakat.

“Terutama untuk para pelaku UMKM agar bisa bangkit setelah sekian lama dihantam pandemi,” cetusnya.

Ananta menyebutkan bahwa beberapa program yang sudah berjalan adalah Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), yaitu di mitra kerjanya di Kementrian Koperasi dan Usaha Mikro, program pro rakyat pada Himpunan Bank Negara (Himbara) seperti BRI, BTN, BNI serta Bank Mandiri di bawah Kementrian BUMN, termasuk berbagai pelatihan yang menjadi kebutuhan pokok para pelaku UMKM agar bisa maju dan naik kelas.

“Terbaru, beberapa hari yang lalu kita juga menggelar pameran produk UMKM yang diikuti oleh pelaku UMKM di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan,” tandasnya.

Khoiri (45), salah seorang peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI mengakui, pihaknya merupakan salah satu warga yang ikut merasakan program-program pro rakyat yang digulirkan melalui mitra kerja Komisi VI melalui Ananta Wahana.

“Kami berharap dari seluruh program pro rakyat yang digulirkan melalui Komisi VI DPR RI, bisa sampai ke masyarakat di tingkat bawah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, usai kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, diadakan pembagian paket sembako kepada seluruh peserta. Paket sembako ini berisi beras, gula pasir, dan minyak goreng yang saat ini sedang mengalami kelangkaan dan kenaikan harga. (Red/*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top