Connect with us

Komunitas Anggur Tangsel Gelar Milad ke-2, Benyamin Siap Dorong Sektor Pertanian

Ciputat

Komunitas Anggur Tangsel Gelar Milad ke-2, Benyamin Siap Dorong Sektor Pertanian

Komunitas Anggur Tangsel gelar milad ke-2 dengan tema “Komunitas Menganggur Tangerang Selatan” di Balai Penyuluhan Pertanian Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Kamis (13/01/2021).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyampaikan, pemerintah siap mendorong sektor pertanian hortikultura komunitas anggur seperti ini, sesuai ada pada motto Kota Anggrek dan bisa dikenalkan juga sebagai Kota Anggur.

“Ya, memang di Tangsel yang saya dorong selain Kota anggrek ya Kota Anggur. Selain potensi pada pasarnya yang banyak, tanaman anggur juga tidak memerlukan lahan yang besar, sehingga bisa dikembangkan dan dapat dirasakan oleh warga, masyarakat, serta rumah tangga yang lain,” urainya.

Benyamin berharap, pada Hut ke-2 ini, komunitas anggur Tangsel agar bisa terus berjalan lebih aktif dan memberikan inovasi di sektor pertanian.

“Harapan saya, komunitas Anggur Tangsel terus berkembang dan tetap semangat. Karena dilihat dari prosesnya, dimulai dari pembibitan, ditanam, lalu bisa dirasakan buahnya nanti oleh masyarakat,” tutupnya

Sementara, Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto menjelaskan, urban farming merupakan suatu pemrosesan dan pendistribusian untuk bahan pangan khusus di Kota Tangerang Selatan.

lebih lanjut, Prihasto menyebutkan, hal seperti ini harus dikembangkan dan dimanfaatkan, apalagi jenis buah anggur di pasar dibutuhkan oleh masyarakat.

“Ini merupakan salah satu potensi. Sudah ada beberapa group anggur yang telah tergabung untuk urban farming ini, agar memulihkan sektor ekonomi paska pandemi,” terangnya.

Menurut Prihasto, dari data statistik 2019 sampai sekarang, tanaman kebun seperti ini terus meningkat secara signifikan.

Prihasto juga berharap, agar pemerintah kota dapat mensupport dan memfasilitasi sektor pertanian, agar bisa lebih berinovasi dan kreatif.

“Ini menjadi sebuah kesempatan agar bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan kesempatan seperti ini,” pungkasnya. (Ily)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top