Connect with us

Yamaha Goodbye Juara Dunia, Giliran Suzuki Kunci Gelar MotoGP 2020

Info Tangsel

Yamaha Goodbye Juara Dunia, Giliran Suzuki Kunci Gelar MotoGP 2020

Untuk kesekian kalinya Suzuki menunjukan keampuhan racikan mesin terbaiknya di circuit Ricardo Tormo motoGP 2020 minggu, (09/11/20) semalam pukul 20.00 WIB di Trans7. Terlebih saat ditunggangi pembalap terbaik memberikan hasil yang nyaris sempurna bagi motor pabrikan Suzuki tersebut. Konsistensi para pembalapnya memastikan gelar juara dunia motogp 2020 dikunci oleh Suzuki Ecstar melalui pembalapnya Joan Mir.

Dilansir dari motogp.com Edward Russell, Komentator MotoGP menjelaskan saat balapan dimulai, sejumlah drama terjadi saat di putaran pertama, dengan pole position dipegang oleh Pol Espargaro, (KTM racing). Fabio Quartararo, (Petronas Yamaha), terpleset di lap pertama bersama Aleix Espargaro (Aprilia) namun tidak saling berbenturan sehingga menguntungkan Alex Rins untuk menduduki posisi teratas.

“Jatuhnya Quartararo dan Aleix ini cukup unik, mereka terpeleset secara bersamaan tanpa bersentuhan sama sekali. Tiba-tiba saja ban depan keduanya kehilangan grip di tikungan, mungkin saja mereka berdua tergesa-gesa untuk mempertahankan posisi teratas,” jelas Edward saat menjelaskan pertandingan semalam, Minggu (08/11/20).

Pada lap selanjutnya KTM diasapi oleh duo Suzuki, keagresifan Alex Rins (Suzuki Ecstar) yang memulai balapan dari posisi 2 membuat posisi Pol Espargaro (KTM) bergeser turun. Kondisi Pol dipaksa harus terus menempel Alex Rins, mimpi buruk berlanjut buat Pol yang disalip Joan Mir pada lap 11 Hal ini membuat Pol berada di posisi 3 hingga akhir balapan.

Drama menarik lainnya terjadi pada adik juara dunia motoGP 2019, Alex Marquez (Repsol Honda) yang terjatuh pada saat battle dengan Andrea Dovizioso (Pramac Ducati) memperebutkan posisi 7. Alex menyalip Dovizioso namun berakhir kepeleset di tikungan pertama pada lap 21. Hal yang sangat menyakitkan bagi calon rookie of the year 2020 tersebut. Lain halnya dengan Valentino Rossi dimana motornya terlihat mogok dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Berdasarkan hasil poin klasemen Yamaha sudah tidak lagi merajai MotoGP lantaran posisi teratas direbut Joan Mir, bisa dipastikan Suzuki akan memegang juara dunia untuk MotoGP 2020.

“Klasemen sementara menunjukkan Joan mir berada di posisi teratas dengan 162 poin, kedua Quartararo 125, Alex Rins 125 poin dan vinales 121 poin. Hal ini tentu menarik, karena balapan di Valencia ini jadi penanda Yamaha meninggalkan perburuan gelar juara dunia dan memberikannya secara Cuma-Cuma kepada Suzuki,” terang Edwar Russell pria kelahiran Belasteran Inggris-Singapur yang kini aktif sebagai presenter Fox Sport Asia.

Dalam wawancara singkat setelah kemenangan, Mir mengatakan kemenangannya adalah milik tim teknisnya. Karena berkat mereka-lah Mir berhasil mengukuhkan diri di puncak kejuaraan yang tinggal dua kali balapan.

“Keberhasilanku karena keberhasilan Tim Teknis yang selalu mensuportku, karena mereka lah aku berada di puncak saat ini,” tandas Joan Mir usai balapan. (Abdul).

Continue Reading
Advertisement
To Top