Connect with us

Luar Biasa! Jumlah Media di Indonesia Terbanyak di Dunia

INDONESIA OKE

Luar Biasa! Jumlah Media di Indonesia Terbanyak di Dunia

Berkembangnya era teknologi digital mendominasi kebutuhan informasi untuk masyarakat. Tak heran bila media online saat ini kerap kali bermunculan baik skala lokal maupun nasional. Sebab itu, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo mengatakan, tidak mungkin Dewan Pers melakukan pembinaan media online tanpa ada asosiasi atau serikat media online.

Hal tersebut diungkapkan Yoseph saat menjadi pembicara pada Rakernas I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Surabaya, Rabu (26/7/2017) yang bertajuk ‘Membangun Industri Media Siber yang Sehat’.

“Karena pertumbuhan media online pertumbuhannya luar biasa,” kata dia kepada awak media di Surabaya.

Dijelaskan juga, jumlah media di Indonesia terbanyak di dunia. Saat ini total media di Indonesia ada sekitar 47 ribu media, sebanyak 2000 adalah media cetak namun dari jumlah tersebut hanya 321 media cetak yang memenuhi syarat disebut sebagai media profesional.

Sedangkan media online tercatat sebanyak 43.300 tapi yang tercatat sebagai media profesional hanya 168 media online saja. Selanjutnya media radio sebanyak 674, dan media televisi sebanyak 523.

Sedangkan untuk jumlah pembaca dalam kurun waktu 5 tahun terakhir pada periode 2011 – 2016, jumlah pembaca media cetak menurun hingga 30 persen, pendengar radio pun mengalami penurunan 10 persen. Pemirsa televisi mengalami peningkatan hingga 200 persen dan yang mengalami peningkatan paling signifikan adalah kenaikan jumlah pembaca media cyber sebanyak 500 persen.

Menurutnya, Indonesia tergolong aktif menggungkan internet, terbukti dari jumlah 262 juta penduduk Indonesia, pengguna internetnya sekitar 300 juta.

“Karena kebanyakan orang Indonesia memiliki banyak handphone,” ungkapnya.

Dia berharap dengan keberadaan SMSI dapat menangkal dan memverifikasi media yang memberikan informasi tak layak bagi masyarakat luas. (toid)

Continue Reading
Advertisement
To Top