Connect with us

KLW Yang Digelar PWI Tangsel Diikuti Puluhan Wartawan Se-Jabodetabek

BANTEN OKE

KLW Yang Digelar PWI Tangsel Diikuti Puluhan Wartawan Se-Jabodetabek

Sebelum melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari rentetan acara Pelantikan Pengurus PWI baru oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  menggelar Karya Latih Wartawan (KLW) yang diikuti oleh puluhan reporter dan pimpinan redaksi Se-Jabodetabek di Resto Kampoeng Anggrek, Serpong, Rabu (03/05/17).

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Panitia KLW PWI Kota Tangsel Andre Sumanegara, bahwa penyelenggaraan KLW ini sebagai bentuk merangkul semangat para wartawan yang ada di Tangsel, karena pesertanya bukan hanya dari reporter melainkan jajaran redaksi pun turut hadir dalam acara KLW tersebut.  

“Peserta berasal dari perusahaan media cetak maupun online tingkat lokal dan nasional. Sekitar 30 peserta yang ikut dari Jabodetabek,” ujar Andre Sumanegara, ketua Panitia KLW PWI Kota Tangsel.

Agenda KLW ini dihadiri oleh beberapa orang penting di dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia, Yakni Agus Sudibyo, Direktur Riset dan Komunikasi Publik/Ketua Mapilu PWI Pusat, Agus Sandjadirdja Ketua Dewan Kehormatan Provinsi Banten, Firdaus Ketua PWI Provinsi Banten, Junaidi, Ketua PWI Kota Tangsel, dan Dihadiri seluruh jajaran redaksi kewartawanan yang ada di Jabodetabek.

Ketua PWI Kota Tangsel Junaidi menambahkan, dalam kegiatan KLW ini PWI  hendak menata organisasi agar lebih sempurna dan lebih optimal lagi dalam menaungi wartawan sebagai payung bersama. Salah satunya dengan peningkatan kualitas dan profesionalitas wartawan melalui kegiatan ini.

“Berawal dari KLW kita menata organisasi wartawan yang sesungguhnya. Ini untuk meningkatkan profesionalitas dan kapabilitas wartawan,” ujar Junaidi, Ketua PWI Kota Tangsel.

Sementara, Ketua PWI Provinsi Banten Firdaus mengatakan, KLW merupakan bagian dari proses kaderisasi organisasi. Dengan mengikuti KLW, wartawan dapat mengetahui apa-apa saja yang ada di PWI sebagai organisasi profesi. Salah satunya mengenai struktur yang ada didalam. Mulai dari kode etik hingga aturan dan sejarah PWI.

“Jadi dengan KLW kita ingin meluruskan apa-apa saja tugas, hak, kewajiban dan kode etik dari wartawan dalam kegiatan pers yang dilaksanakan,” ujarnya.

Dia pun menambahkan, kedepannya kader ataupun anggota PWI Tangsel juga dapat mengikuti uji sertifikasi dewan pers dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal ini diperlukan agar menciptakan insan pers yang berkompeten.

Perlu diketahui untuk masuk dalam anggota PWI aturan salah satunya yaitu mengikuti KLW, setelah lulus barulah menajadi anggota muda, setelah dua tahun menjadi anggota muda, tingkatan selanjutnya menjadi anggota Biasa, kemudian tingkat Madya, dan yang terakhir Utama. Itulah salah satu tingkatan-tingkatan yang ada di Organisasi PWI ini. (Har)

Continue Reading
Advertisement
To Top