Connect with us

Tangsel Fokus Pengembangan SDM dan Inovasi Teknologi

Info SKPD

Tangsel Fokus Pengembangan SDM dan Inovasi Teknologi

Pemerintah Kota Tangerang Selatan bertekad mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan pendidikan disamping perencanaan pembangunan infrastruktur dan inovasi teknologi yang berbasis smart city. Demikian terlihat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2021 yang akan diterapkan ke depan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Teddy Meiyadi mengatakan, pada RPJMD 5 tahun sebelumnya, Pemkot memprioritaskan pada fisik pembangunan, baik infrastruktur jalan maupun gedung pelayanan.

“Lima tahun kemarin fisik dan jalan 70 persen porsinya. Kedepan porsinya setengah-setengah, pembangunan SDM dan infrastruktur. Karena saat ini pembangunan fisik sudah terlaksana di periode sebelumnya,” kata Teddy Meiyadi.

Keseimbangan dalam pembangunan baginya sangat diperlukan, ditambah, jika SDM yang berada di Kota Tangsel sangat maju dan fasilitas memadai, sudah pasti tentu slogan CeMoRe Tangsel dapat terwujud.

“Kemungkinan sangat besar, Tangsel menjadi daerah yang sangat maju. Karena Tangsel sangat berpotensi,” ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan, saat dirinya pertama menjabat, banyak infrastruktur seperti jalan yang dahulunya dalam keadaan rusak berat kini sudah baik. Oleh karena itu, untuk pembangunan fisik kedepan lebih difokuskan kepada pembangunan seperti saluran drainase, gorong-gorong, trotoar yang pada sebelumnya belum selesai dilaksanakan.

“Pertama menjabat, jalan masih banyak rusak sekolah masih status inpres kini sudah banyak perubahan. Dulu anggaran tidak cukup jadi dilanjutkan periode ini dengan fokus utama bangun SDM nya,” ujar Wakil Walikota yang akrab disapa Bang Ben.

Sementara itu, beberapa waktu lalu senada dengan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, demi terwujudnya “Tangsel Kota Cerdas, Berkualitas dan Berdaya Saing Berbasis Teknologi dan Inovasi” sesuai dengan visi misinya, maka dalam percepatan pembangunan lima tahun kedepan, pemerintah Kota Tangsel melibatkan berbagai unsur seperti pihak swasta dan akademisi.

“Kami menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi yang jumlahnya banyak di Tangsel untuk mendorong percepatan pembangunan, khususnya SDM, ungkapnya.

Menurut Airin semuanya itu harus mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017-2021 yang akan diterapkan ke depan.

Setelah disetujuinya RPJMD 2016-2021 diharapkan mendapat dukungan secara penuh dari pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi Banten dan pemerintah daerah wilayah sekitar, serta seluruh pimpinan dan anggota DPRD dalam rangka mempercepat pencapaian dan sasaran dan target program pembangunan.

“Kita tentu berharap pembangunan di Kota Tangsel kedepan dapat lebih terarah, berkesinambungandan berkelanjutan. Sehingga dapat terwujud visi kota Tangsel sebagai kota cerdas, berkualitas, berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi,” ujarnya.

Ditegaskan walikota, Pemkot melalui RPJMD tersebut memfokuskan pendidikan, pengembangan SDM, kesehatan dan infrastruktur dengan pengembangan teknologi serta inovasi-inovasi.

“Jadi pembangunan sumber daya manusia menjadi isu penting dalam guna tercapainya visi tersebut yang harus dicapai dalam beberapa tahun ke depan,” ucapnya.

Airin juga menambahkan, dalam rangka mewujudkan hal itu, peran aktif masyarakat juga menjadi kunci keberhasilan pembangunan SDM bisa berjalan dengan baik. “Partisipasi aktif seluruh komunitas masyarakat dengan pemerintah juga menjadi faktor penentu keberhasilan,” imbuhnya. (SR)

Continue Reading
Advertisement
To Top