Connect with us

Begini Cara Pakai Aplikasi SIMANJA Tangsel di Smartphone

Info Tangsel

Begini Cara Pakai Aplikasi SIMANJA Tangsel di Smartphone

Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) terus mengembangkan inovasi pelayanan bagi masyarakat. Warga Kota Tangsel yang ingin mengadukan kerusakan jalan maupun drainase di lingkungannya dapat menggunakan apilasi SIMANJA

Seperti apakah aplikasi yang dikembangkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel?, mari kita review.

Aplikasi SIMANJA dapat diunduh di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ops.qreader&hl=en

Aplikasi ini tidak membutuhkan ruang data yang besar, lantaran ukuran filesnya hanya sebesar 2,5MB artinya cukup kecil untuk diinstal kedalam smartphone anda.

Pada keterangan tambahan di google play store, aplikasi SIMANJA diupdate pada tanggal 29 Mei 2016 dan bebas diunduh tanpa biaya alias gratis.

Proses instalasinya cukup mudah dan cepat, tidak membutuh spesifikasi smartphone yang tinggi. Android versi 3.2 (honey comb) jadul sekalipun dapat menggunakan aplikasi ini.

Bagaimana cara menggunakannya? hasil instalasi SIMANJA akan muncul di layar ponsel dengan icon logo Pemerintah Kota Tangsel dan tulisan SIMANJA di bawah logo tersebut.
android_simanja_tangsel
Setelah disentuh aplikasi SIMANJA akan menampilkan halaman pertama, di atas halaman itu terdapat Logo Pemkot Tangsel dan dua pilihan menu yang sangat minimalis, yakni Info Jalan dan Layanan Pengaduan. Kedua menu berwarna khas Kota Tangsel. Biru Tosca.
android_simanja_tangsel_02
Pertama pilih INFO JALAN, anda akan berganti ke halaman baru yang berisi dua pilihan, yakni JALAN KOTA dan JALAN STRATEGIS KOTA. Tidak ada keterangan teks atau informasi tambahan apa yang disebut Jalan Kota dan Jalan Strategis, tetapi bila anda memilih menu Jalan Kota anda akan digiring ke halaman baru yang berisi nama-nama jalan yang masuk kategori JALAN KOTA.
android_simanja_tangsel_03
Tidak ada menu SEARCH, jadi jangan berharap bisa mencari dengan mudah nama jalan di halaman ini, semua hasilnya langsung muncul. Jadi siap-siap scrolling ke atas dan bawah untuk melihat nama jalan dan kecamatan di mana ruas jalan itu berada.
android_simanja_tangsel_04
Bila anda menyentuh nama jalan yang anda pilih, akan muncul halaman baru, tetapi tidak ada isinya alias blank. Halaman kosong tersebut tidak menampilkan pesan error apapun.

Kembali ke menu INFO JALAN, kali ini TangselOke memilih menu JALAN STRATEGIS KOTA isi kontennya hampir sama dengan menu JALAN KOTA, hanya perbedaan nama-nama jalan yang masuk kategori JALAN STRATEGIS KOTA. Nama-nama jalannya pun bila kita sentuh akan menuju halaman kosong juga.
android_simanja_tangsel_blank
Sekarang kita kembali ke menu ke dua, yakni LAYANAN PENGADUAN. Menu ini berisi 3 (tiga) pilihan jenis cara mengadu.
1. VIA SMS, isinya dua kolom, yakni kolom nama dan kolom isi pesan. Setelah dua kolom tersebut kita isi anda bisa menyentuh tombol KIRIM PESAN untuk mengirimnya dan aplikasi SIMANJA akan meminta otorisasi untuk mengakses layanan SMS di smartphone anda. Jadi pastikan anda memiliki pulsa untuk bisa mengirim aduan tersebut.
sms_android_simanja
Setelah kita kirim hasilnya seperti gambar ini.
sms_android_simanja_02
Tidak ada pesan balasan dari layanan SMS Center SIMANJA di nomor 0816222542, entah itu berupa notifikasi bahwa sms aduan telah mereka terima atau pun ucapan terima kasih telah menggunakan layanan tsb.

2. VIA TELEPHONE, bila kita menggunakan fitur aduan ini, anda akan langsung menghubungi layanan CALL CENTER SIMANJA di nomor (021) 7875438 dan berbicara langsung dengan contact officer layanan SIMANJA.
call_android_simanja
3. VIA EMAIL, isi menu ini terdapat tiga kolom isian, yakni masukan nama, judul pengaduan dan isi pesan. Setelah mengisi tiga kolom tersebut anda bisa segera mengeksekusinya dengan cara menyentuh tombol KIRIM PESAN.

email_android_simanja

Setelah itu anda akan dirujuk ke layanan email yang anda miliki di smartphone misalnya aplikasi gmail seperti di screenshot ini.
email_android_simanja_02
Bila di dua jenis cara pengaduan sebelumnya anda akan kesulitan untuk mengirim gambar atau dokumen berkaitan aduan anda. Maka di menu ketiga ini anda bisa mengirim file gambar/photo melalui menu attachment dan akan terkirim ke layanan EMAIL CENTER yang beralamat layanan_pengaduan@dbmsda.tangerangselatankota.go.id.

Setelah semua keluhan dan informasi telah kita kirimkan, tidak ada menu tracking pada aplikasi SIMANJA untuk melihat sejauh mana aduan kita telah diproses oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel.

Demikian review singkat aplikasi SIMANJA milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

(review oleh mdr)

Continue Reading
Advertisement
To Top