Connect with us

Ini Penyebab Bos Apple dan Bos Facebook Saling Sindir

Tekno

Ini Penyebab Bos Apple dan Bos Facebook Saling Sindir

markzuckerberg_facebookTANGSELOKE.com- Secara produk Apple dan Facebook tidak bersaing secara langsung, namun ternyata kedua CEO tersebut saling berseteru dan terus memanas. Apa penyebabnya?

Seperti diberitakan Digitaltren, Senin (08/12/2014) Zuckerberg tak terima dengan pernyataan Cook yang menuding Facebook memanfaatkan data penggunanya untuk meraup keuntungan dari iklan.

Hal tersebut diungkapkan dalam wawancara Charlie Rose dengan Tim Cook selaku CEO Apple beberapa waktu lalu. Saat itu sengaja atau tidak, Cook mengatakan bisnis yang mengandalkan iklan, merupakan pesusahaan yang “konyol” .

Dalam kesempatan yang sama orang nomor satu di Apple ini juga menyatakan soal privasi. Pria berkacamata tersebut menyatakan bahwa konsumen yang menggunakan produk dan layanan perusahaan dengan iklan, maka privasi konsumen akan terancam.

Pihak Apple menyakini jika tidak akan menggunakan cara di atas dalam menjalankan bisnisnya. Karena saat mendesain sebuah produk atau layanan, Apple berusaha sebisa mungkin untuk tidak mengumpulkan data konsumen.

Diungkapkan pula jika perusahaan yang berkantor di Amerika Serikat ini tidak membaca email pengguna dan juga membaca iMessage. Layanan teks Apple dienkripsi dan tidak ada kunci untuk membacanya kecuali dengan passcode pengguna.

Cook juga menegaskan jika perusahaan yang dipimpinnya berbeda dengan perusahaan teknologi lainnya yang sering memantau data penggunanya. Pria yang menyatakan dirinya gay ini juga menjelaskan, jika Apple tidak mau menghasilkan uang dari cara menjual data konsumen kepihak lain (pengiklan).

Meskipun secara tak langsung mengatakan ‘brand’, Cook dianggap memberikan sindiran pada Google, namun justru yang pertama merasa tersindir dengan omongan tersebut adalah dari pihak Facebook.

Sebenarnya ketidaksukaan Facebook ini bisa dimaklumi, karena model bisnis jejaring social terbesar di dunia ini memang mirip Google, yang mengandalkan pemasukan dari iklan. Situs jejaring sosial ini menggunakan data pengguna untuk bekerjasama dengan pengiklan, agar iklan yang ditampilkan bisa menyasar orang yang tepat. Di kesempatan wawancara dengan Time, Zuckerberg menanggapi sindiran Cook tadi dengan sindiran yang tak kalah pedasnya.

“Saya bisa frustasi jika ada banyak orang tiba-tiba menyamakan sebuah model bisnis iklan dengan (seperti) mengkhianati konsumen. Saya pikir itu adalah konsep yang sangat konyol,” papar orang nomor satu di Facebook.

“Apakah karena Anda pikir membeli iPhone, sehingga Anda setuju dengan mereka (Apple)? Jika Anda berada di kubu mereka, maka seharusnya mereka membuat produk yang jauh lebih murah!” sindirnya. (source via jeruknipis.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top