Connect with us

Smartphone Pertama Dipamerkan

Tekno

Smartphone Pertama Dipamerkan

ibm-simon-primer-smartphone18.143.23.153 – Produk Smartphone kali pertama dipamerkan. Jika dilihat dari bentuknya, smartphone ini mirip dengan walkie-talkie, ketimbang telepon seluler.

Ya, inilah smartphone produksi IBM Simon yang diluncurkan pada 16 Agustus 1994, yang kala itu ponsel tersebut hanya dijual di Amerika Serikat dengan jumlah 15.000 unit saja.  Dengan bobot 500 gram, alat komunikasi itu populer di kalangan pebisnis yang menginginkan telepon seluler sekaligus komputer mini.

“Simon tidak disebut smartphone pada zaman itu. Namun, fiturnya memiliki banyak kesamaan dengan smartphone saat ini. Telepon itu punya kalender, bisa dipakai untuk mencatat, mengirim e-mail, serta layanan pesan singkat. Semuanya digabungkan di dalam satu ponsel,” kata Charlotte Connelly, kurator Museum Sains London, dikutip dari BBC, Senin (18/8/2014).

Dia menilai desain ponsel tersebut melampaui tren zamannya.

“Bentuknya seperti bongkahan abu-abu, tapi tidak sebesar seperti yang Anda bayangkan. Ponsel itu punya pena stylusdan layar LCD hijau yang ukurannya serupa dengan iPhone 4. Bahkan, tampilannya tidak jelek,” kata Connelly.

Kelemahan IBM Simon terletak pada umur baterai. “Baterainya hanya tahan selama satu jam. Harganya 899 dollar AS dan saat itu tidak ada internet untuk ponsel. Jadi alat ini tidak terlalu sukses,” kata Connelly.

Karena faktor tersebut, IBM Simon menghilang dari peredaran sekitar dua tahun sejak diluncurkan pada 1994.

Kini, IBM Simon dipajang dalam pameran Museum Sains London yang bertajuk ‘Era Informasi’—pameran pertama di Inggris yang didedikasikan bagi 200 tahun sejarah komunikasi dan informasi teknologi. Menurut rencana, pameran yang menampilkan lebih dari 800 benda itu akan berlangsung sampai Oktober mendatang.(BBC/Sy)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top