Connect with us

Tahun Ini Masuk Sekolah Di Tangsel Wajib Tes Urine

Edukasi

Tahun Ini Masuk Sekolah Di Tangsel Wajib Tes Urine

siswa_madrasah_ilustrasiTANGSELOKE.com- Dinas Pendidikan Kota Tangsel menerapkan tahun ini penerimaan siswa baru wajib dilengkapi dengan persyaratan bebas narkoba.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel Mathoda mengatakan, untuk mencegah penggunaan narkotika di sekolah-sekolah, melalui jalur  Penerimaan Siswa Baru. Pihaknya akan menginstruksikan setiap sekolah baik Sekolah Menengah Pertama (SMP), SMA maupun SMK baik swasta  maupun negeri untuk melakukan tes urine bagi siswa yang sudah diterima masuk kesekolah masing-masing tersebut.

“Tes urine dilakukan untuk pencegahan penyalahgunaan pada pelajar sejak dini,” ungkapnya, Selasa (10/6).

Dikatakannya, pihak Dinas Pendidikan Tangsel melakukan berbagai cara untuk mencegah peredaran narkoba di daerahnya. Di antaranya dengan menggelar sosialisasi  kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan karang taruna hingga kalangan pelajar.

“Sosialisasi dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) rutin digelar di sekolah guna menekan penggunaan narkoba,” ujarnya.

Sebelum tes urine dilakukan, pihaknya akan mengumpulkan kepala sekolah baik SMP, SMA maupun SMK untuk melakukan tes urine  kepada siswa baru. Ini bukan merupakan program perdana. Namun, merupakan program berkelanjutan.

“Tahun lalu pun ada beberapa sekolah yang sudah melakukan tes urine. Diharapkan tahun ini lebih banyak sekolah yang melaksanakan tes urine,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk antisipasi siswa dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Jika ada murid yang ketahuan positif menggunakan narkotika,langkah yang akan diambil melakukan
rehabilitasi dan pemanggilan orangtua.

“Kita tidak akan mengeluarkan atau mencoretnya dari sekolah,namun kita akan memberikan rehabilitasi terlebih dahulu untuk siswa  tersebut,” terangnya. (source via TN)

Continue Reading
Advertisement
To Top