Connect with us

Lahan Terbatas, Gedung Parkir pun Jadi Area Hunian

Properti

Lahan Terbatas, Gedung Parkir pun Jadi Area Hunian

designboom_comTANGSELOKE.com- Perusahaan arsitektur asal Inggris, Brisac Gonzalez Architects mengajukan proposal berupa desain kompleks hunian terintegrasi di atas bangunan parkir “hijau” di Bordeaux, Prancis.

Pembangunan seluas 16.000 meter persegi tersebut diinisiasi oleh Vinci/Adim sebagai bagian dari proyek “Euratlantique” yang tersebar di tiga daerah, Bordeaux, Bègles, dan Floriac di Prancis. Khusus untuk hunian unik ini, lokasinya berada dekat dengan tepi Sungai Garonne.

Proyek ini terbilang unik. Jika biasanya parkiran mobil ditempatkan di gedung tersendiri atau hanya menjadi bagian tambahan, proposal karya Brisac Gonzalez justru menempatkan parkiran mobil sebagai “bintang” dalam karyanya.

Lantai dasar bangunan tersebut seluas 1.400 m2 akan diisi untuk keperluan ritel, empat lantai di atasnya akan menjadi parkiran mobil, sementara lantai teratas akan diisi oleh 19 apartemen. Di antara apartemen tersebut juga akan tersedia lima dupleks, masing-masing akan memiliki satu hingga tiga kamar. Penghuni juga bisa menikmati teras dan taman yang luas.

Berbeda dari lahan parkir pada umumnya, lahan parkir ini memberikan nuansa dinamis dan inspiratif. Keempat lantai yang dikhususkan untuk menaruh mobil tersebut akan dihias dengan berbagai warna, dan pencahayaan istimewa. Lahan parkir juga sengaja dibuat berkonsep ruang terbuka. Konsep terbuka tersebut membuat interior lahan parkir bebas pengap, bahkan memiliki pemandangan istimewa ke arah sungai.

Jangan terburu-buru membayangkan Perancis dibanjiri mobil murah. Latar belakang kreasi Brisac Gonzalez ini didorong oleh cita-cita terintegrasinya sistem transportasi massal di seluruh Eropa. Paris, yang kebetulan berada di tengah-tengah Eropa, bisa mengeksploitasi kesempatan sebagai area “singgah” dan mengembangkan proyek Bordeaux “Euratlantique”.

Proyek “Euratlantique” bertujuan untuk menciptakan pusat bisnis internasional yang akan mengombinasikan berbagai fungsi, toko, kantor, dan juga transformasi stasiun kereta Bordeaux Saint Jean.

Sebagian pengembangannya didasarkan pada jalur kereta Paris yang menghubungkan utara dan selatan Eropa pada 2020. Dalam visi besarnya, area tersebut akan memiliki 30.000 hunian baru dan 20.000 lapangan kerja. (sumber: designboom.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top