Connect with us

Posisi Caleg Harus Strategis

COBLOS

Posisi Caleg Harus Strategis

valinaTANGSELOKE.com – Partai Politik (Parpol) harus menjadi tiang demokrasi. Karena dalam proses politik, kader-kader parpol menjadi legislator di lembaga parlemen. Anggota parlemen inilah merupakan elite strategis. Posisi legislator penekanannya adalah bagaimana mampu memerankan dirinya secara strategis.

Demikian dikemuakan Valina Singka Subekti, Direktur Program Pascasarjana Fisip Universitas Indonesia (UI) kepada Tangseloke.com pekan ini.

“Di luar itu, politik dan ekonomi harus seiring sejalan dengan tetap mengutamakan leadership sebagai kunci keberhasilan,” ujar Valina yang juga anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ini.

Terbangunnya sistem politik tanpa bangunan ideologis, lanjut Valina, maka demokrasi di Indonesia mengarah seperti Filipina. Oleh sebab itu, menjadi penting jika para caleg yang menjadi peserta pemilu 2014, memutus mata rantai pragmatisme politik, yang menurutnya sudah mengarah ke pragmatisme pemilih.

Parpol yang menjadi bagian tiang demokrasi, harus memosisikan diri sebagai mediator aspirasi masyarakat. Parpol harus bisa bergerak secara permanen, sehingga ketika bersentuhan dengan masyarakat, tidak melakukan intimidasi politik. (Son)

 

Continue Reading
Advertisement
To Top