Connect with us

Mengapa Kita Harus Menghargai Batik?

Info Tangsel

Mengapa Kita Harus Menghargai Batik?

Indonesian-BatikPattern18.143.23.153- Sejak empat tahun yang lalu, sehari setelah peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober selalu diperingati Hari Batik Nasional. Ya, 2 Oktober 2013 yang jatuh hari ini adalah peringatan Hari Batik Nasional yang keempat.

Empat tahun lalu, tepatnya pada 2 Oktober 2009, batik diresmikan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi milik Indonesia.

Selama empat tahun itu, Hari Batik Nasional selalu diperingati sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanpa dikomando, kebanyakan pekerja di sejumlah daerah di Indonesia selalu mengenakan batik saat peringatan Hari Batik Nasional.

Dalam peringatan tahun lalu, para pedagang Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah menggelar acara fashion show. Fashion ini digelar tepat di depan pasar dan diikuti oleh ibu-ibu pedagang.

Mengenakan kain batik berbagai motif serta selendang batik tulis, ibu-ibu yang rata-rata berusia lebih dari 40 tahun itu berpose dan sesekali menari.

Mengapa kita harus menghargai batik?

Sisi artistik dan desain begitu penting karena pembuatannya membutuhkan semangat, kesabaran, dan keterampilan untuk menggambar pada kain putih dengan canting, membuat garis untuk memisahkan bagian-bagian dari gambar.

Dibutuhkan 5-10 tahun untuk mempelajari teknik menggambar dan membuat baju batik, sementara dibutuhkan puluhan tahun untuk menjadi seorang maestro batik yang piawai menciptakan pola batik baru dengan makna yang mendalam.

Ingin merayakan Hari Batik Nasional? Yuk, memakai batik hari ini. (mdk/to)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top