Connect with us

Minimarket Wajib Jual Produk Industri Kecil Lokal

Info Tangsel

Minimarket Wajib Jual Produk Industri Kecil Lokal

18.143.23.153- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berniat mewajibkan kepada seluruh pelaku usaha toko modern dan minimarket di wilayahnya untuk menjual produk industri kecil lokal hasil binaan pemerintah daerah setempat.

Hal itu dilakukan Disperindag Kota Tangsel untuk mengembangkan sayap penjualan industri kecil dan menengah dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi pelaku industri kecil dan menengah di Kota Tangsel.

“Kami sudah usulkan agar minimarket yang legal di Tangsel ini menyediakan fasilitas untuk penjualan produk lokal Tangsel. Hal itu juga sejalan dengan klausul IUTM (Izin Usaha Toko Modern) yang digalakkan pemerintah pusat,” jelas Muhammad, Kepala Disperindag Kota Tangsel, Senin (29/10).

Namun demikian, sebelum mencanangkan kewajiban itu kepada pelaku minimarket dan toko modern, pihaknya akan mengembangkan terlebih dahulu soal pengemasan dan peningkatan produk industri kecil dan menengah yang kini jadi binaan Disperindag.

Dalam hal ini, Disperindag akan mencanangkan program pelatihan, pengembangan usaha, yang targetnya menjadikan hasil produksi jenis makanan, minuman, kerajinan tangan dan lain sebagainya, layak masuk pemasaran modern di sejumlah minimarket dan toko modern tersebut.

“Kami genjot ruang para pelaku industri kecil dan menengah ini maju. Kalau sudah begitu, jalinan kemitraan dengan pengusaha toko modern dan minimarket pun tidak sulit lagi,” jelas Muhammad yang juga mantan Camat Ciputat dimasa Pemerintahan Kabupaten Tangerang tersebut.

Semua targetan itu, lanjut Muhammad, coba dimulai tahapannya tahun 2013 mendatang. Dimana, anggaran pembinaan pelaku industri kecil dam menengah sudah disiapkan. Bahkan, kerjasama lintas sektoral untuk mewujudkan itu terus dibina dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang juga punya program sama mengembangkan usaha kecil menengah. (TO/TP)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top