Connect with us

Antisipasi Banjir Diperlukan Banyak Tandon Air

Info SKPD

Antisipasi Banjir Diperlukan Banyak Tandon Air

TANGSELOKE.COM- Upaya Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mengantisipasi dan mengatasi banjir di wilayah Tangsel dilakukan dengan membangun tandon-tandon air. Menyusul pembuatan tandon air seluas 1 hektar yang saat ini masih berlangsung di Bukit Pamulan Indah, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Tangsel akan segera membuat dua tandon air lagi.

Tandon air itu akan dibangun di daerah Ciater, Serpong dan Kampung Sawah, Ciputat. “Ini upaya kami untuk mengantisipasi banjir. Kami butuh sebanyak-banyaknya tandon air karena memang karakter daerah Tangsel yang berada di cekungan,” kata Retno Prawati, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Tangsel, minggu (28/10).

Dua tando air yang akan mulai dibangun tahun 2013 itu berada di daerah Ciater dan Kampung Sawah. Menurut Retno, lahan tandon air di Ciater seluas 2 hektar sudah tersedia. Adapun untuk di Kampung Sawah, pihaknya sedang mengupayakan lahan seluas 5 hektar dari pengembang Bintaro.

“Tandon ini diperlukan karena di Tangsel ini dulu banyak sawah yang berubah menjadi perumahan. Tandon ini untuk menampung air dari perumahan sebelum masuk ke sungai,” jelas Retno.

Tandon air baru itu diharapkan bisa mengurangi dampak kian menciutnya lahan-lahan situ atau danau di daerah Tangsel. Banyaknya kebutuhan lahan tak luput telah menyerobot lahan-lahan situ atau lahan yang dulunya berfungsi sebagai resapan tandon air. (TO/KMPS)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top