Connect with us

Anggaran Jalan Raya Ciater 43,3 Miliar

Serpong

Anggaran Jalan Raya Ciater 43,3 Miliar

ciater-maruga-tangselTANGSELOKE.com- Konstruksi jalan disepanjang Jalan Raya Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal diperbaiki dengan sistem betonisasi.

Tak tanggung-tanggung, perbaikan infrastruktur jalan tersebut menghabiskan anggaran hingga sebesar Rp. 43,3 milyar dan kini tengah dalam proses tender.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Retno Prawati, kepada wartawan usai acara Musrenbang di kecamatan Serpong, Kamis (28/2/2013).
“Lelangnya dibagi ke dalam tiga paket pekerjaan yang kualifikasi dan nilai masing-masing anggarannya berbeda,” ungkap Retno.

Perbaikan infrastruktur jalan mulai dari Simpang Maruga hingga ujung Raya Ciater atau tepatnya di pertigaan Rawa Buntu, terang Retno.

Paket pertama Bukit-Maruga dialokasikan mencapai Rp 4,3 milyar, Maruga-Ciater Rp 13,5 milyar, dan Ciater dikucurkan Rp 16,5 milyar.

Retno menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu warga di jalan Raya Ciater yang terkena pembebasan lahan untuk pelebaran jalan membongkar bangunan miliknya masing-masing. Diakuinya, ada kendala selama pemerintah daerah berusaha melakukan pembebasan lahan.

Dari total 4,4 kilometer jalan yang akan dibangun dan dilebarkan hingga lebar 24 meter itu, sambung Retno, sudah hampir 80 persen pembebasannya. Sedangkan sisanya akan dituntaskan pembebasannya tahun ini.

“Hampir 80 persen sudah dibayar dan dibebaskan, makanya kami akan beton sesegera mungkin. Apalagi, kebutuhannya juga mendesak,” jelasnya.

Pihaknya, tambah Retno, berharap dalam sebulan mendatang sudah bisa dihasilkan pihak ketiga pemenang lelang. Sehingga betonisasi langsung bisa dilaksanakan paling cepat April.

“Dalam pembetonan, kami tidak akan menunggu semua lahan dibebaskan. Lahan yang sudah dibebaskan, akan langsung dibeton. Sedangkan yang belum akan dibeton setelah lahan bebas,” tambahnya.

Sejauh ini DBMSDA masih terus berkoordinasi dengan Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Pemkot Tangsel soal penyelesaian pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tersebut.

“Karena tugas kami membangun jalannya saja, kami berharap juga pembebasannya bisa dituntaskan segera. Harapannya, pelebaran jalan ini bisa selesai tahun ini,” tandasnya.

Selain itu, Retno juga menginformasikan bahwa dalam pelebaran jalan tersebut, pihaknya juga akan melengkapinya dengan jalur sepeda, spot utilitas dan juga sistem saluran airnya (drainase).

“Kami juga akan melengkapi kiri kanan jalannya dengan jalur sepeda dan untuk pedestrian. Di bawahnya kita sediakan spot untuk utilitas dan drainase,” pungkas Retno, soal jalan yang akan jadi proyek percontohan bagi seluruh pelebaran jalan di Kota Tangsel,” tutup Retno. (yud/kbr6)

Continue Reading
Advertisement
To Top