Connect with us

Retno: Perbaikan Jalan Rusak diperkirakan Menghabiskan Anggaran 70 Miliar

Serpong

Retno: Perbaikan Jalan Rusak diperkirakan Menghabiskan Anggaran 70 Miliar

perbaikan_jalan_05TANGSELOKE.com- Seluruh jalan rusak dengan status jalan kota, yang mengalami rusak berat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan diperbaiki tahun 2013 ini.

Hal itu sesuai dengan program Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany  yang mentargetkan tahun 2013 merupakan tahun yang dengan skala prioritas memperbaiki infrastruktur.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel Retno Prawati mengatakan, dari 405,67 kilometer jalan yang menjadi tanggung jawab Kota Tangsel. Saat ini telah diklasifikasikan, ada posisi jalan baik, jalan sedang, dan jalan rusak ringan, serta jalan rusak berat.

“Dari jumlah itu, yang kita prioritaskan jalan kota yang berstatus rusak berat  dengan panjang sebanyak 31,41 kilometer. Inilah yang diharapkan bisa diselesaikan, sehingga nanti 2014, sudah beralih kepada pembangunan lain,” ujar Retno, Kamis (7/3).

Seluruh perbaikan jalan rusak berat berstatus jalan kota itu diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp70 miliar. Sedangkan penandataanganan kontrak proyek-nya dijadwalkan akan mulai dilaksanakan pada April ini.

“Rp70 miliar itu perkiraan nilainya. Sebenarnya kita tidak bisa kalkulasikan, karena kan jalan rusak itu kalau tidak diperbaiki akan melebar. Dan itu pun digabung ada yang dibeton dan ada yang diaspal,” terangnya.

Tahun 2014, menurut Retno, Pemkot Tangsel diharapkan hanya memperbaiki yang rusak ringan dan pemeliharaan jalan serta pelebaran jalan.  “Seperti yang terjadi di Jalan Ciater. Jalan dari BSD Serpong, Maruga dan Pamulang II itu saat ini pembebasan lahannya sedang dilakukan.Walaupun belum selesai, progressnya sudah mencapai 70 persen,” terangnya.

Adapun kendala perbaikan jalan, menurut Retno diharapkan warga setempat mau mendukung perbaikan jalan. Sedangkan untuk pembebasan, kendala yang dialami umumnya karena ada beberapa tanah yang pemiliknya tidak diketahui berada dimana dan kelengkapan suratnya belum terpenuhi. “Kami harapkan masyarakat ikut membantu percepatan perbaikin jalan dan pelebaran jalan,” terangnya.

Dimana letak jalan yang dengan kondisi rusak tersebut, Retno mengakui, tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel. “Masih ada di Buaran, Pondok Cabe III, Pondok Aren dan sebagian Serpong Utara.  Itu tersebar di tujuh kecamatan,” terangnya. (sumber: TN)

Continue Reading
Advertisement
To Top