Connect with us

Wujudkan Kota Koperasi Dinkop UKM Gelar Pelatihan

Edukasi

Wujudkan Kota Koperasi Dinkop UKM Gelar Pelatihan

Publikasi- Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan Nurdin Marzuki mengatakan, bahwa koperasi adalah soko guru perekonomian. Kemajuan perekonomian warga, dapat terangkat dari lembaga itu. Karenanya koperasi menjadi fokus Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Salah satunya dengan memberikan pendidikan serta pelatihan bagi pengurus koperasi di Tangerang Selatan.

“Hingga September ini sudah ada 436 unit koperasi. Namun dari jumlah tersebut baru 89 koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT),” Kata Nurdin.

Dengan fakta tersebut menjadi landasan dasar Dinkop dan UKM untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi pengurus koperasi.

“Tujuannya agar, koperasi-koperasi yang sudah terbentuk dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tidak sekadar dibentuk dan asal ada,” tegasnya.

Pendidikan dan pelatihan tersebut tidak hanya berisikan materi tentang pembentukan koperasi dan aturan hukumnya, tetapi juga membahas secara rinci tentang lembaga bernama koperasi. “Peserta diajak mengenal lebih jauh jati diri koperasi. Memahami landasan eksistensi pengawas, pengantar audit, dan praktik audit dalam koperasi,” jelasnya.

Nurdin juga menyampaikan, bahwa Pemkot Tangsel bertekad menjadikan Tangsel sebagai kota koperasi. Namun hal ini bisa terwujud bila terjalin kerjasama dan partisipasi pelaku koperasi di Tangsel dengan baik. Cukup dengan fokus dan konsentrasi dalam pengembangan lembaganya pelaku koperasi sudah turut serta dalam mewujudkan kota koperasi  di Tangsel.

Dalam kesempatan itu, diklat koperasi dihadiri lebih dari 50 peserta. Mereka merupakan utusan pengurus dan pengawas dari berbagi koperas yang ada. Diantaranya, koperasi karyawan, koperasi pesantren, koperasi pasar, koperasi serba usaha dan koperasi guru. (*Pub/TE/TO)

Continue Reading
Advertisement
To Top