Connect with us

Tangsel Menjadi Kota Kursus dan Pelatihan

Edukasi

Tangsel Menjadi Kota Kursus dan Pelatihan

18.143.23.153- Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan mencatat sebanyak 206 tempat atau lembaga kursus dan pelatihan tersebar di tujuh wilayah kecamatan Kota Tangsel. Tingginya pertumbuhan penyelenggaraan kursus dan pelatihan tersebut memungkinkan Tangsel lahir menjadi pusat pendidikan atau kursus dan pelatihan.

“Saya yakin lembaga kursus ini akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan dan pengembangan perumahan yang terus menerus di Kota Tangsel ini,” kata Virgo Agustinus.

Dirincikan Virgo, 206 tempat kursus dan pelatihan itu tersebar di tujuh kecamatan yang meliputi Ciputat 10 tempat, Ciputat Timur 32, Pamulang 54, Pondok Aren 27, Serpong 50, Serpong Utara 25 dan terakhir Setu sebanyak 8 tempat.

“Penyebaran ini dimungkinkan akan terus bertambah seiring peningkatan penduduk atau pendatang ke Kota Tangsel, sehingga Tangsel ini menjadi pusat pendidikan kursus dan pelatihan.

Virgo menambahkan, lembaga kursus yang saat ini berkembang di Tangsel, terklasifikasi ke dalam beberapa program. Bimbingan Belajar (bimbel), bahasa, matematika, ketrampilan, kecantikan dan salon, seni dan music, stir mobil dan program computer.

“Dari persebaran itu, bimbel memiliki angka paling banyak diantara program lainnya,” imbuhnya.

Meski jumlah lembaga kursus di Tangsel terus mengalami perkembangan, namun masih memiliki sejumlah kendala yang terus di upgrade oleh Dinas Pendidikan Kota Tangsel. Kondisi itu seperti banyaknya peminat ingin membuka lembaga kursus bimbingan, pengelola kursus dan pelatihan kurang aktif memberikan data murid ke dinas pendidikan untuk dilakukan pendataan.

Kurangnya minat pengelola dam pengurusan ijin operasional yang diharapkan, lambatnya proses perijinan operasional lembaga kursus di Tangsel dan akibatnya pihak pengelola kursus kurang minat dalam mengurus proses perijinan.

Lemahnya peran lembaga kursus dan pelatihan di Tangsel dalam pemberian data instruksi, pengurusan nilek dan pengurusan NUPTK bagi tenaga pendidiknya.

“Saat ini kami terus mendorong dan melakukan pendataan. Kami harapkan akhir tahun ini semua sudah selesai,” pungkasnya.

Sumber: tangselpos cetak

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top