Connect with us

Esemka Lulus Uji, Peluncuran Ditarget 17 Agustus

Edukasi

Esemka Lulus Uji, Peluncuran Ditarget 17 Agustus

Balai Thermodinamika Motor dan Propulis (BTMP) Puspiptek Setu,Kota Tangsel menyatakan mobil Esemka buatan Solo Technopark (STP), lulus uji emisi.
Kendati, masih ada catatan harus untuk menurunkan berat mobil, dari 2,4 ton menjadi 1,2 ton.

Kepala BTMP Riskon Fajar mengatakan, untuk uji emisi Esemka sudah dinyatakan lulus, dengan catatan  masih ada catatan yang harus diperbaiki. “Esemka sudah lulus uji emisi tahap pertama. Dan, harus mengikuti uji tahap lanjutan kembali,” ungkap Riskon Faja, Jumat (3/8).

Riskon mengatakan,ada catatan yang harus diperbaiki oleh Esemka yakni pengurangan beban berat yakni dari berat mobil, dari 2,4 ton menjadi 1,2 ton.
Setelah melakukan pengurangan beban, mobil ini nantinya diuji kembali. Namun, untuk waktunya akan ditentukan sesuai dengan kesiapan dari pihak Esemka.

Riskon mengatakan, untuk saat ini mobil Esemka masih berada di BTMP. Dalam waktu dekat ini, mobil tersebut akan di bawa pulang ke STP. Sementara itu, Direktur Solo Technopark (STP) Gampang saat dihubungi mengatakan, Mobil Esemka yang menjalani uji emisi memang telah lulus, tetapi dengan catatan harus menurunkan berat mobil tersebut yaitu dari 2,4 ton menjadi 1,2 ton.

Untuk menurunkan berat mobil itu. Gampang mengaku, tidak masalah dengan lulus bersyarat bagi Esemka tersebut. Yang penting, pengujian mobil tersebut bisa dilakukan dengan baik. “Body mobil nantinya akan dikurangi dengan plat besi yang ada itu bisa diganti dengan bahan lain yang lebih ringan. Namun demikian, tidak akan mengurangi kenyamanan dan keamanan mobil tersebut,” kata Gampang.

Gampang juga mengatakan, saat ini telah disiapkan purwarupa mobil Esemka Rajawali II dan Esemka Bima untuk menjalani uji emisi.

Pengembangan purwarupa mobil Esemka Rajawali II yang saat ini tengah mempersiapkan diri menjalani uji emisi tetap berjalan. Pihaknya justru berharap, pada 17 Agustus 2012 mendatang ketiga mobil tersebut dapat diluncurkan secara bersamaan dengan hari kemerdekaan RI.

“Persiapan purwarupa Rajawali II,  dan Esemka Bima saat ini sudah menjalani beberapa kali uji coba dan kita siapkan untuk uji formalnya,” katanya.

Dikatakan Gampang, mobil Esemka Rajawali II merupakan pengembangan dari pendahulunya, Esemka Rajawali I. “Bentuk body mobil Esemka Rajawali II nantinya juga tidak akan jauh berbeda jika dibandingkan seri pendahulunya,” jelasnya. Sumber: tangselpos

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top