Connect with us

Ribuan Rumah Alami Mati Listrik di Jombang, Galian Drainase Dinas DSDABMBK di Tuding Putus Aliran

BANTEN OKE

Ribuan Rumah Alami Mati Listrik di Jombang, Galian Drainase Dinas DSDABMBK di Tuding Putus Aliran

Ribuan rumah di kawasan Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), alami pemadaman, pada Rabu (06/09/23). Hal itu terjadi usai galian drainase di salah satu titik Jalan Sumatera merusak kabel listrik bawah tanah.

Kabel listrik yang rusak itu berada di sisi jalan, persis di samping taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jombang Villa Bintaro Indah. Perbaikan saluran drainase di sana sudah berlangsung sejak beberapa hari kemarin.

Rusaknya kabel listrik di lokasi terjadi sekira pukul 10.30 WIB siang tadi. Beberapa pekerja di sana, diduga salah menggali hingga merusak kabel bawah tanah milik PLN.

“Kabel kita kena (galian) di sini, jadi harus diperbaiki,” terang salah satu kordinator pekerja dari PLN di lokasi.

Kerusakan itu menyebabkan ribuan rumah yang tersebar di beberapa RW di wilayah Jombang terdampak. Padamnya listrik terjadi sejak pukul 11 siang tadi.

Hingga malam, perbaikan sambungan listrik terus dikerjakan. Bahkan pihak PLN sampai mengerahkan puluhan pekerja guna mengganti saluran kabel di beberapa lokasi.

Lurah Jombang, Iwan Sutisna, membenarkan padamnya listrik di wilayahnya. Namun dia belum mendapat laporan secara detil berapa banyak rumah yang terdampak pemadaman.

“Saya belum dapat info berapa yang terdampak, tapi ada beberapa RW sejak siang tadi listriknya padam,” ujarnya.

Wilayah Jombang sendiri merupakan salah satu pemukiman padat penduduk. Sekira pukul 18.30 WIB, pemukiman pada RW22, RW10, RW06, RW17, terlihat gelap gulita. Warga dan pelaku usaha hanya mengandalkan lilin sebagai alat penerang.

“Pengerjaan drainase itu sendiri tidak sepengetahuan kita. Sekarang dampaknya warga kita alami pemadaman,” ujar Iwan.

Sejumlah warga mengeluh kesal akibat padamnya saluran listrik sejak siang tadi. Mereka awalnya menduga padamnya listrik karena adanya perbaikan, namun setelah dikroscek barulah diketahui pemicunya adalah kabel listrik yang rusak gegara galian drainase.

“Kita dari siang jam 11-an mati listrik, mau ngapa-ngapain kan susah semua pakai listrik. Apalagi ini belum tahu perbaikan bisa sampai berapa hari, karena harus ganti kabel-kabelnya,” keluh Prayogo (49), warga Puri Bintaro Indah, Jombang.

Dari penelusuran, pengerjaan drainase dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Tangsel. Saat dikonfirmasi, pihak terkait menjawab singkat bahwa pelaksana kegiatan tengah mengecek ke lokasi.

“Nanti PPTK nya sedang cek ke lokasi ya,” ucap Kepala Bidang Binamarga DSDABMBK Tangsel, Ahmad Fatullah. (Adt)

To Top