Connect with us

Tak Ada Plang Proyek, Pembangunan Turap Kali Senilai 24 Milliar Bukit Nusa Indah di Sorot

BANTEN OKE

Tak Ada Plang Proyek, Pembangunan Turap Kali Senilai 24 Milliar Bukit Nusa Indah di Sorot

Pekerjaan proyek pembangunan turap Kali di Jalan Dahlia Perumahan Bukit Nusa Indah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), mendapatkan perhatian publik. Pasalnya, di lokasi tak terlihat papan plang informasi proyek tersebut.

Berdasarkan pantauan media di lokasi, sejumlah pekerja terlihat sibuk beraktivitas di dasar kali. Sedangkan sebagian pekerja berada di permukaan turap.

Sementara itu, terpantau juga beberapa orang pengawas proyek dari jasa konsultan yang juga berada di lokasi.

“Iya kita dari jasa konsultan proyek ini,”tutur salah satu pria yang mengaku sebagai konsultan pengawas proyek di lokasi.

Kehadiran konsultan pengawas di lokasi tak memberikan keterangan banyak terkait pertanyaan wartawan tentang pemakaian standar bahan material.

Masih di lokasi proyek, rambu-rambu di jalur lintasan yang biasa di lalui warga sekitar tak terpampang pemberitahuan adanya gangguan bagi pengendara kendaraan karena pekerjaan tersebut.

Saat ditanyakan plang informasi yang tak terpasang, konsultan pengawas terlihat bingung untuk menjawab pertanyaan wartawan yang sedang bertugas.

“Coba nanti ditanyakan langsung ke kontraktornya,” terang pengawas itu sambil meninggalkan wartawan.(6/7/2023)

Di lokasi juga, nampak satu unit alat berat excavator terparkir di sisi turap. Di sepanjang tepian aliran Kali Cibenda itu nampak berjejer tumpukan rangka besi yang telah usang berkarat. Tak hanya itu, tumpukan batang bambu juga digeletakkan memenuhi tepian turap.

Tak ada rambu-rambu proyek yang terpasang di sepanjang jalan pembangunan turap itu. Padahal gundukan material tanah dan bebatuan di sisi proyek bisa saja membahayakan pengguna jalan maupun warga sekitar.

Informasi yang dihimpun dari Layanan Pengadaan Secara elektronik (LPSE) Kota Tangsel, Pembangunan turap Kali Cibenda menggunakan dana APBD 2023 sebesar Rp24,4 miliar.

Satuan kerjanya adalah Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK).
Tender itu berjudul ‘Pembangunan Turap Kali Cibenda Segmen Bukit Nusa Indah – Roswood – Pamulang Asri – Puri Bintaro Indah’ Proyeknya dimenangkan oleh PT Jasa Konstruksi Internusa yang beralamat di Jalan Sula Blok MD/11 Sektor XIV-6 RT09 RW08, Rawa Mekar, Serpong. (Adt)

To Top