Connect with us

Penanganan Darurat Longsor Di Ciputat Diperkirakan 3 Hari Selesai

Alat Berat Dinas PU Kota Tangsel, yang beroperasi di Longsor Ciputat

Ciputat

Penanganan Darurat Longsor Di Ciputat Diperkirakan 3 Hari Selesai

Sejak semalam Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel di bantu alat berat dari BBWSC terus melakukan normalisasi saluran air di Kali Ciputat, sabtu (12/06) hingga pukul 23.23 Wib alat breacker terus melakukan pembongkaran beton agar alat berat dapat leluasa melakukan pembersihan timbunan longsor.

Perkembangan aliran kali Ciputat yang bermuara ke Kali Angke saat ini telah terbuka, di beberapa pemukiman yang sebelumnya tergenang akibat tertimbunnya aliran Kali Ciputat telah surut.

“Maksimal 4 hari, tapi kita akan kerjakan maksimal, setelah pembersihan berhasil dilakukan, maka langkah selanjutnya dilakukan memperkuat tanah dengan cerucuk dari bambu,” demikian dikatakan Kepala DPU Kota Tangsel, Aries Kurniawan saat meninjau lokasi banjir dilokasi.

Tim reaksi cepat Dinas PU Tangsel sudah berada dilokasi sejak Jumat malam (11/06) dengan menurunkan Alat berat untuk melakukan penanganan darurat.

Pagi hari hingga siang Sabtu (12/06) Bapak Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie juga meninjau langsung kondisi di komp. Nerada Estate, “Saya sudah minta kepada petugas yang lain untuk standby selama pekerjaan ini berlangsung, dari Dinas PU, BPBD dan Dinas Sosial secara bergantian posko disini dan berkoordinasi dengan RT disini,” terang Benyamin Davnie.

Pemerintah Kota Tangsel menerjunkan petugas gabungan terdiri dari BPBD Kota Tangsel, Satlinmas Satpol PP, Dinas Sosial, Polres Tangsel dan Kodim terus bersiaga di lokasi memberikan bantuan dengan mendirikan dapur umum tidak jauh dari lokasi.

Kepala Bidang SDA Kota Tangsel Mahyudin Mahmud hingga malam terus memantau pembersihan material longsor “Hasil survei kami kemarin (Jumat-Red), dan pengecekan di lapangan Dinas Pekerjaan Umum tidak pernah ada pengerjaan di segmen yang roboh tersebut,” ungkap Mahyudin.

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane sebari meninjau kondisi terkhir, dari BBWS Ciliwing –Cisadane membantu kisdam dan menurunkan alat berat Long Arm Excavator dan Mobile Lighting, “Pekerja akan kami lemburkan dan pembersihan material di sekitar lokasi longsor sehingga air tidak masuk lagi ke perumahan Narada Estate,” ungkapnya saat ditemui di lokasi semalam.

Hingga Sabtu, (12/6) Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel di bantu BBWSCC telah menerjunkan 4 (empat) alat berat dan satu mobil Lighting untuk pengerjaan malam hari. Penanganan sementara membongkar pagar Precast di perumahan Narada Estate agar aliran air yang masuk dapat dikembalikan alirannya ke Kali Ciputat, di perumahan Griya Satwika menutup dinding yang longsor dengan terpal agar tidak membahayakan saat dilakukan pekerjaan, excavator breaker menghancurkan dinding turap beton yang roboh, memasang kisdam dan penanganan jangka panjang akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota.

Musibah ini terjadi pada hari Jumat malam (11/06) pukul 20.30 wib saat hujan lebat disertai angin kencang, yang mengakibatkan terkikisnya pondasi turap beton setinggi kurang lebih 7 meter di perumahan Griya Satwika Telkom Kel. Pisangan Ciputat Timur yang menutup aliran Kali Ciputat dan menimpa 3 rumah di bawahnya yang berada di Komplek Narada Estate Kel. Cipayung, dari kejadian kemarin tidak ada korban jiwa.

Terlihat di lokasi rumah warga langsung berbatasan dengan Kali Ciputat akan dikaji kembali rumah-rumah yang bersebelahan dengan aliran sungai kesesuaiannya dengan peraturan yang ada. (Red).

sumber: (hms.dputangsel)

To Top