Connect with us

Karyawan AP II Bandara Soetta Patungan Bantu Pekerja Terdampak Covid-19

BANTEN OKE

Karyawan AP II Bandara Soetta Patungan Bantu Pekerja Terdampak Covid-19

Sejak mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), banyak pekerja yang terpaksa dirumahkan, bahkan tidak sedikit pula yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi ini. Termasuk di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Melihat kondisi tersebut, karyawan PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Soetta patungan untuk membantu pekerja yang terdampak COVID-19. Patungan ini diinisiasi oleh Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi.

Dari hasil patungan ini, sebanyak 4.300 paket sembako akan disalurkan kepada pekerja yang terdampak COVID-19. Paket sembako secara simbolis diserahkan kepada pekerja di Gedung 601 area perkantoran Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (19/5/2020).

Agus mengatakan, akibat pandemi COVID ini, salah satu yang terdampak cukup berat adalah dari sisi sumber daya manusia (SDM) terutama yang di-provide pihak ketiga yang selama ini menjadi bagian dari penyelenggaraan atau mengoperasikan Bandara Soekarno-Hatta.

“Saya bagian dari manajemen menginisiasi ke pengurus DPC Sekarpura II untuk bagian dari acara ini dan Alhamdulillah bisa dikumpulkan kurang lebih 4.300 paket sembako yang bisa dibagikan,” ujar Agus.

“Saya kira ini walaupun nilainya tidak material, tapi mereka itu bagian dari kita. Kita semua tau ini sedang sulit, kita mengadakan program apa yang bisa kita bagi untuk saudara-saudara kita,” tambahnya.

Agus menjelaskan, saat ini terdapat kurang lebih 8400 karyawan pihak ketiga yang terdampak COVID-19 di Bandara Soetta. Sebagian besar dari mereka tidak dapat bekerja penuh.

“Sejauh ini yang bisa kita lakukan adalah melakukan perubahan waktu kerja. Jadi kalau selama ini barangkali pola kerja operasi 1 bulan bisa 22 atau 24 hari kerja. Sekarang hanya mungkin 3 hari atau 4 hari kerja. Tetapi status mereka tidak di-PHK,” ungkap Agus.

“Jadi polanya adalah dari ketersediaan budget ini yang diterimanya menjadi kecil. Nah, karena itu kita membantu dengan menginisiasi acara-acara seperti ini. Dan ini bukan yang pertama, sebelum-sebelumnya juga pernah digagas dan telah dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPC Sekarpura II Bandara Soetta Taraas Arshayoena mengatakan, dari patungan kurang lebih 1.800 karyawan Angkasa Pura II terkumpul sebanyak Rp 257 juta. Dana tersebut digunakan untuk meringankan beban pekerja yang terdampak COVID-19.

“Bantuan sebanyak 4.300 paket sembako akan disalurkan ke 14 unit kerja yang terdampak. Jadi didrop ke masing-masing unit. Selanjutnya unit tersebut nantinya yang mendistribusikan kepada mereka yang terdampak, tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan,” ujar Taraas.

Ribuan paket sembako tersebut akan disalurkan hingga H-2 Idul Fitri 1441 H atau 22 Mei 2020 mendatang. (Rmt)

Continue Reading
Advertisement
To Top