Connect with us

Dosen UNPAM Latih Pelajar SMK Jadi Organisatoris Handal

Edukasi

Dosen UNPAM Latih Pelajar SMK Jadi Organisatoris Handal

Pengabdian kepada masyarakat khususnya untuk kalangan pelajar adalah salah satu kewajiban dosen untuk berkontribusi secara nyata bagi pembangunan intelektual generasi muda penerus bangsa. Para dosen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang (Unpam) menggelar kegiatan yang relevan bagi para pelajar agar menjadi organisatoris handal.

Dengan menjadi organisatoris handal, para pelajar diharapkan mampu menjadi calon-calon pemimpin masa depan. Harapan inilah yang disampaikan dosen Fakultas Ekonomi Unpam Sri Sukapti yang menjadi Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar pada Rabu (13/11) di SMK Al-Amanah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel).

“Dengan PKM ini kami berharap para siswa menjadi organisatoris sekaligus motivator yang handal. Dengan berorganisasi kalian (para siswa) akan memperoleh banyak ilmu di luar pelajaran di sekolah,” tegasnya, di hadapan para siswa calon dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Al-Amanah.

PKM yang mengangkat tema “Peran Komunikasi pada Sebuah Organisasi yang Bertujuan Meningkatkan Motivasi” diisi dengan diskusi mengenai seluk-beluk organisasi, bagaimana mengurus, membangun komunikasi yang baik sesama anggota organisasi, dan bagaimana motivasi dalam berkelompok yang berkaitan juga dengan kepemimpinan.

Kepala SMK Al Amanah, Ahmad Muhroj pada menuturkan penguatan mengenai organisasi, komunikasi, dan motivasi memang sangat diperlukan khususnya bagi para calon pengurus dan pengurus OSIS.

Ia menegaskan, materi PKM yang disampaikan oleh para narasumber dari dosen-dosen Unpam itu setara dengan materi Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang biasa diberikan kepada para calon pengurus OSIS.

“PKM ini materi-materinya setara dengan latihan dasar kepemimpinan bagi para siswa calon pengurus OSIS,” ujarnya.

Untuk itu pihak sekolah mengucapkan terima kasih atas kontribusi para dosen Unpam atas materi yang disampaikan kepada para siswa. Ia berharap, semoga materi yang disampaikan para narasumber bisa memicu energi positif dan bermanfaat.

PKM Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Unpam ini fokus penekanannya membahas tentang organisasi, komunikasi, dan motivasi dengan narasumber: Sonny, Widya Candra Dewi, Styo Budi Utomo dan M. Zaenal Muttaqin Abdi.

Dalam materi organisasi para calon pengurus OSIS mendapat penjelasan mengenai organisasi sebagai sarana untuk membentuk dan bagian-bagian yang menyatu dengan lainnya.

Komunikasi di dalam organisasi punya peran dan fungsi yang begitu penting. Komunikasi merupakan siklus atau putaran yang melibatkan orang-orang di dalam organisasi.

Sementara motivasi, berkaitan erat dengan kepemimpinan dan pola kerjasama yang dibangun di dalam organisasi. Beberapa dimensi yang menjadi unsur motivasi yakni dimensi psikologis, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri. (rls/mdr)

Continue Reading
Advertisement
To Top