Connect with us

LHKPN Terlengkap, Andi Dara Dinilai Sebagai Politisi Jujur

Info Tangerang

LHKPN Terlengkap, Andi Dara Dinilai Sebagai Politisi Jujur

Sosok anggota DPR RI Andi Achmad Dara mendapatkan apresiasi dari berbagai tokoh di Tangerang. Ini setelah Andi Achmad Dara dikabarkan menjadi anggota DPR RI yang paling lengkap dan transparan, dalam memberikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Tokoh pemuda di Kabupaten Tangerang M Nur Rojab, mengapresiasi sikap anggota Andi Achmad Dara yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang ini, sebagai politisi yang menjunjung tinggi asas transparansi keuangan sebagai penyelenggara negara.

“Ini tentu luar biasa, ada anggota DPR RI yang berasal dari Dapil Banten III juga mewakili Kabupaten Tangerang, menjadi politisi yang patuh dan transparan dalam mengungkapkan harta kekayaannya kepada negara dan masyarakat. Ini harus menjadi contoh bagi politiisi lainnya,” kata M Nur Rojab.

Pelaporan LHKPN ini dikatakan M Nur, selain merupakan kewajiban penyelenggara negara namun memiliki nilai-nilai khusus didalamnya. Pertama, ada sikap kepatuhan terhadap hukum kepada politisi yang melaporkan dengan jujur kekayaannya. Kedua, sikap taat membayar pajak kepada negara. Ketiga, sikap jujur dalam membuka data kekayaannya. Keempat, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan kekayaannya.

“Tidak main-main politisi yang melaporkan kekayaanya kepada negara dan publik, ini menunjukkan sikap taat, patuh terhadap hukum di negara ini. Juga jujur, ini penting. Karena mungkin ada saja politisi lain yang masih menutupi kekayaannya, agar terhindar dari pajak dan lain-lain,” kata M Nur Ozeb.

Hal senada dikatakan tokoh pemuda Kota Tangerang, Epi Hartono. Menurutnya, dari banyak politisi yang duduk di DPR RI, apa yang dilakukan Andi Achmad Dara, menunjukkan karakternya yang bersih, jujur dan transparan dalam pengelolaan keuangan.

“Kalau dalam dirinya saja sudah jujur, maka tentu dia akan amanah dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat di DPR RI. Ini patut kita apresiasi,” kata Epi.

Selain itu dikatakan Epi, dibukanya laporan ini tentu menggembirakan. Karena masyarakat bisa mengetahui mana politisi yang jujur dan transparan dalam pengelolaan kekayaannya. Andi Achmad Dara yang juga mewakili Kota Tangerang dinilainya, menjadi politisi yang mampu menjawab itu, sebagai politisi yang jujur dan transparan, serta patut menjadi contoh bagi politisi lainnya

Sementara itu, Andi Achmad Dara yang kini duduk di Komisi XI DPR RI mengatakan, sejak sebelum menjadi anggota DPR RI, ia memang sudah ketat dalam administrasi pelaporan kekayaan. Sehingga ketika sudah duduk di Senayan, tidak sulit baginya dalam memenuhi aturan pelaporan sebagai penyelenggara negara.

“Mengikuti aturan yang sudah ditetapkan negara dalam hal pelaporan ini, berjalan seperti apa yang sudah dijalankan sebelumnya. Pelaporan yang transparan ini, tidak hanya penting bagi negara, tapi bagi diri saya juga, untuk terus transparan dan jujur sebagai manusia,” tutur Andi Acmad Dara. (DH/red).

To Top