Connect with us

Andi Achmad Dara: Jaga Pancasila dan Keutuhan NKRI

Info DPRD

Andi Achmad Dara: Jaga Pancasila dan Keutuhan NKRI

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dapil Banten III, Andi Achmad Dara, di momen memperingati Hari Pahlawan mengajak masyarakat untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu ditegaskan Andi, saat kegiatan reses anggota DPR RI di Kelurahan Buaran, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dalam acara bertajuk dialog kebangsaan “Menjadi Pahlawan Masa Kini, Pejuang Baru Penjaga NKRI” ini, Andi mengatakan, salah satu tugas anggota DPR RI ialah menjaga masyarakat agar terus berpedoman dengan empat pilar kebengsaan yang dimiliki Republik Indonesia yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November menurut Andi, menjadi salah satu momen bagaimana nilai-nilai Pancasila harus terus dirawat, karena para pahlawan sudah berjuang memerdekakan negara ini dan menanamkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

“Karena dengan menerapkan Pancasila dalam kehidupan, berarti kita sudah menanamkan pondasi agar terhindar dari berita bohong atau hoax dan paham radikalisme di Indonesia,” kata Andi Achmad Dara di hadapan ratusan masyarakat Keluaran Buaran, di Bupe Resto, Serpong, Senin (12/11/18).

Andi Achmad Dara, Saat menjelaskan materi tentang keterbukaan informasi di era digital, di Bupe Resto, Serpong, Senin (12/11/18).

Andi yang juga politisi Partai Golkar ini, mengajak masyarakat Tangerang Selatan agar dapat menjalani hidup dengan mengedepankan tolerasi antar umat beragama dan menanamkan nilai-nilai Pancasila. Karena dengan begitu masyarakat terutama di Kota Tangerang Selatan sudah berkontribusi besar dalam menjaga kedaulatan NKRI, memerangi radikalisme, dan berkomitmen memajukan Indonesia kearah yang lebih baik.

“Kita harus kuat. Selalu menjaga kekompakkan tidak terpecah belah karna NKRI harga mati,” tutur Andi.

Andi yang ditemani anggota DPRD Kota Tangsel, Abdul Rosyid dan Anggota DPRD Tangsel, Syihabuddin Hasyim menjelaskan, sudah diketahui bersama saat ini masyarakat tengah dihadapkan dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi. Penyebaran berita bohong sering kali ditemui setiap hari. Ditambah lagi, tidak seluruh masyarakat yang mengetahui bagaimana perkembangan globalisasi sekarang ini.

Oleh karenanya, kini masyarakat dituntut untuk pintar dalam menerima informasi, dan juga harus mengkroscek kembali kebenarannya terutama dari informasi kecanggihan teknologi dan media sosial. Dengan kembali ke Pancasila, tentunya dalam menanggapi informasi bisa menjadikan pribadi sesuai dengan sila ke Lima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.”

“Kita ingin masyarakat kembali pada pancasila,” ujar Andi.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Tangsel Syihabuddin Hasyim dan Anggota DPRD Kota Tangsel, Abdul Rosyid juga memperkuat pernyataan Andi Achmad Dara. Menurutnya, nilai-nilai Pancasila saat ini penting untuk ditanamkan kembali kepada masyarakat. Mengingat dalam nilai Pancasila, terdapat nilai kerukunan dan kebersamaan masyarakat yang selama ini sudah berjalan harmonis.

“Mari kita jaga kebersamaan ini, nilai-nilai Pancasila dan keutuhan NKRI. Karena dengan itu, kita akan dapat terus mewujudkan kenyamanan dan menjaga keutuhan negara kita. Dulu pahlawan berjuang, sekarang kita melanjutkan pembangunan di negara kita ini,” kata Syihabuddin yang sekaligus diamini Abdul Rosyid. (Dh)

Continue Reading
Advertisement
To Top