Connect with us

Walikota Tangsel Uji Coba Mobil Damkar Buatan Finlandia

Info SKPD

Walikota Tangsel Uji Coba Mobil Damkar Buatan Finlandia

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mencoba mobil tangga pemadam kebakaran (damkar) buatan Scandia, Finlandia, di Halaman Kantor Puspemkot Tangsel, Ciputat, Kota Tangsel, Jumat (11/01/19).

Walikota menaiki mobil dan mencoba berputar dengan menggunakan mobil tangga tersebut. “Masih harus belajar untuk pengoprasiannya, agar lebih bagus dalam pengoperasian mobil tersebut,” ungkapnya.

Walikota Tangsel, Airin Saat Memberikan Sambutan Dalam Peresmian Mobil Damkar Baru, didepan Balaikota Tangsel, Jumat (11/01/19).

Airin menjelaskan, kepadatan penduduk di Tangsel semakin bertambah, jumlah penduduk Tangsel tercatat 1.3 Juta dan data BPS yakni 1.5 juta sehingga pihaknya mendorong bagaimana mengajak untuk investasi, dengan proses pembangunan vertikal keatas, ini dilakukan karena jumlah penduduk yang besar.

Kehadiran mobil pemadam kebakaran tersebut, sebagai wujud hadirnya pemerintah dalam memberikan pelayanan. ”Tangsel sekarang ini, sudah banyak tumbuh gedung dan hunian yang vertikal. Jadi, perlu sarana dan prasarana yang bisa menjangkaunya. Salah satunya, waktu terjadi kebakaran,” katanya.

Airin menambahkan dengan adanya gedung gedung tinggi maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat salah satu tugas fungsinya adalah meningkatkan pencegahan dan antisipasi apabila terjadi kebakaran.

“Kami secara bertahap terus berusaha meningkatkan prasarana dan sarana untuk di miliki alat di Dinas Damkar berupa mobil tangga ini,”ungkapnya.

Mobil Damkar Baru Kota Tangsel Buatan Finlandia

Mobil dengan kapasitas mesin 3100 CC , dan mempunyai panjang tangga 37 meter buatan unit Bronto ini mampu berputar 360 derajat . Selain mampu berputar full 360 derajat mobil Damkar ini juga mampu menjangkau baik secara vertikal dan horizontal.

Mobil Damkar berjenis Bronto Skylift P310 tidak hanya menjangkau ketinggian 37 meter saja mobil ini juga mampu menjangkau gedung gedung bertingkat mempunyai sistem penyelamatan fighting dengan kenampuan penyemprotan 4500 liter permenit.

Hal ini di jelaskan Direktur Unit Bronto Benny saat uji kendaraan Pemadam Scandia Unit Bronto sekaligus dihadiri Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany , Asisten Daerah ( ASDA ) III Teddy Meiyadi , Kepala Dinas Damkar Tangsel Uci Sanusi beserta jajaran, Kepala Bidang Humas Tangsel Irfan Santoso bertempat di halaman Gedung Pemkot tangsel jalan Maruga Ciputat Tangsel.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi menyatakan mobil sampai selesai selama 300 hari. ”Mobil ini, dikirimkan dan diproduksi dari Filandia,” terangnya.

Wakil Walikota Benyamin Davnie mengatakan adanya mobil ini, damkar akan lebih siap menangani kebakaran di gedung vertikal.”Pastinya akan lebih siap, ada dukungan sarana dan prasarana ini,” ucapnya

”Tapi, saya pribadi berharap mobil ini, tidak dipakai. Maksudnya tidak terjadi kebakaran di gedung maupun hunian vertikal,” tandasnya.(rls/hms/red).

Continue Reading
Advertisement
To Top