Connect with us

Damkar Bentuk Balakar Hingga ke Kelurahan

Info Tangsel

Damkar Bentuk Balakar Hingga ke Kelurahan

Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan punya terobosan baru dalam melakukan penanganan baik pada saat terjadi maupun pencegahan kebakaran. Terobosan itu adalah dengan pembentukan Barisan Relawan Kebakaran (Balakar). Rencananya, pembentukan Balakar akan dilakukan hingga tingkat kelurahan.

“Bahkan kalau perlu hingga tingkat RT atau RW. Semakin banyak Balakar, akan semakin baik bagi tindakan pencegahan dan penanganan jika terjadi kebakaran,” kata Kepala Kantor Damkar Kota Tangsel Uci Sanusi, Senin (5/3/2012).

Saat ini, rencana pembentukan itu sedang dimatangkan. Diharapkan, dalam waktu dekat pembentukan Balakar itu bisa segera terealisasi mengingat keberadaannya yang sangat dibutuhkan di Kota Tangsel saat ini.

Uci memaparkan, sebagai daerah metropolitan, potensi terjadinya kebakaran di Kota Tangsel cukup tinggi. Selain karena jumlah penduduknya yang padat sehingga jarak hunian pun lebih dekat, di Tangsel juga banyak terdapat kawasan bisnis dan perdagangan. Sementara di sisi yang lain, jumlah personel kebakaran yang dimiliki Damkar Kota Tangsel saat ini kurang sebanding dengan luas wilayah. Oleh karena itu perlu keterlibatan masyarakat dalam menangani kebakaran.

Keterlibatan masyarakat sendiri khususnya di lingkungan industri terutama yang memiliki gedung tinggi relatif sudah baik. Sebab biasanya, manajemen perusahaan tersebut sudah membentuk unit tersendiri yang bertanggung jawab terhadap keselamatan aset perusahaan termasuk dari bahaya kebakaran. Bahkan, unit khusus ini juga sudah dibekali dengan pengetahuan yang memadai serta dilengkapi sarana yang cukup untuk menangani kebakaran.

“Nah, yang masih sedikit jadi masalah adalah yang di daerah pemukiman penduduk. Makanya sebagai solusi kita akan bentuk Balakar. Jadi, seandainya nanti terjadi kebakaran di masyarakat Balakar bisa bertindak dulu sebelum kami dari petugas Damkar datang ke lokasi,” terang dia.

Nantinya, kata Uci, anggota Balakar akan terdiri dari sejumlah elemen masyarakat. Di antaranya anggota Karang Taruna, anggota Remaja Masjid, ataupun kelompok masyarakat lainnya. Dalam melakukan aktivitasnya, Balakar akan berkoordinasi dan bermitra dengan Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangsel.

“Di beberapa daerah Balakar memang sudah dibentuk dan berjalan efektif. Nah, oleh karena itu kita ingin agar di Tangsel bisa segera memilki Balakar,”

Continue Reading
Advertisement
To Top