Connect with us

Ratusan Warga Serpong Ikuti Sosialisasi Germas

Info Tangsel

Ratusan Warga Serpong Ikuti Sosialisasi Germas

Ratusan peserta yang terdiri dari warga Serpong mendapatkan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Aula Serpong, Tangsel pada Selasa, (02/10/18).

Kegiatan yang digelar oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ini terus disosialisasikan kepada warga agar bisa menerapkan budaya hidup sehat di setiap lini lingkungan masyarakat.

Kepala Subdit Kesahatan Olahraga, pada Kemenkes RI, Nita Mardiah, yang hadir langsung dalam kegiatan itu, mengatakan, bahwa isu utama yang disosialisasikan ialah mengenai penyakit TBC, stunting (masalah gizi) dan juga soal vaksin.

Menurut Nita, saat ini angka TBC cukup tinggi, sehingga penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Bagaimana mencegah, dengan cara melakukan pola hidup sehat dimulai dari lingkungan rumah masing-masing.

“Persoalan stunting, TBC, dan vaksin masih menjadi fokus pemerintah. Sehingga sosialisasi pencegahannya itu sangat penting. Terutama dengan menjaga pola hidup sehat di lingkungan masing-masing. Kegiatan inilah kami mengajak seluruh masyarakat agar aktif menjaga pola hidup sehat, agar biaya kesehatan pun jauh lebih murah lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut mengenai Germas tersebut, Nita mengatakan kedepannya dapat menularkan keseluruh lapisan masyarakat tentang edukasi-edukasi pola hidup sehat.

“Gerakan ini yang nantinya akan memberikan edukasi lebih luas lagi kepada masyarakat, di seluruh lapisan. Agar angka stunting dan TBC di Indonesia bisa menurun,” paparnya.

Anggota Komisi IX DPR RI Marinus Gea, mengatakan, kehadiranya tersebut, karena Germas ini memang bagian dari kegiatan yang dibawah pengawasan Komisi IX DPR RI.

Lanjutnya, dalam kegiatan itu, pihaknya memberikan edukasi tentang pola hidup sehat. Mulai dari makanan, aktifitas sehari-hari, hingga membersihkan lingkungan, terutama di lingkungan rumah masing-masing.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat yang hadir, bahwa kesehatan itu adalah masalah yang sangat penting. Sehingga menjaga pola hidup sehat sejak dini adalah solusi terbaik mencegah datangnya berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya, bahkan bisa mengeluarkan biaya yang besar dalam proses penyembuhannya,” paparnya.

Dia juga berharap, agar dalam kegiatan tersebut, seluruh kader Posyandu yang hadir, pun melakukan kegiatan kampanye Germas ke seluruh masyarakat di Kecamatan Serpong.

“Tentunya harapan kita, kader-kader yang hadir ini pun melakukan kegiatan kampanye juga kepada seluruh warga Serpong. Tentang pola hidup sehat, serta isu-isu kesehatan yang sangat membahayakan masyarakat jika diabaikan,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris Camat Serpong Supriyadi mengatakan bahwa dirinya sangat setinu dengan budaya pola hidup sehat.

“Karena kesehatan itu sangat penting sekali, sehingga dengan adanya kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat Serpong,” bebernya.

Diharapkan warga Serpong yang telah mendapatkan sosialisasi dapat menerapkan budaya pola hidup sehat di kehidupan sehari-harinya dan bisa menularkan kepada warga lainnya untuk pola hidup sehat.

Siti salah satu peserta mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini dirinya lebih paham lagi mengenai hal-hal kecil tentang kesehatan.

“Ternyata pola hidup sehat itu bisa kita terapkan asal kitanya mau. Dengan hidup sehat tentu jauh dari penyakit,” katanya. (rls/Dh).

Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top