Connect with us

Peringati Harkopda Ke-71 Dinkop Tangsel Gelar Jambore Aku Cinta Koperasi

Advertorial

Peringati Harkopda Ke-71 Dinkop Tangsel Gelar Jambore Aku Cinta Koperasi

Dalam merayakan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Ke 71 Dinas Koperasi dan UMKM dan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) membuka kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi di Yonkav 9/SDK Cobra, Serpong Utara, Sabtu, (01/09/18).

Kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi tersebut dihadiri langsung, oleh Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Tangsel, drg. Dahlia Nadaek,M.Kes, Kabid. Koperasi, Hj. Nurhayati, M.Pd, Kabid. Organisasi Dekopinda Tangsel, Ratna, Ketua Pelaksana, Hendro Wibowo, SEI, MM, dan para Narasumber serta para peserta jambore se-Tangsel.

Ketua Pelaksana Hendro Wibowo, SEI, MM mengatakan acara ini terselenggara berkat bantuan dan dukungan dari Pemerintah Kota Tangsel yakni Dinas Koperasi Dan UKM, kemudian  dalam rangkaian memperingati Harkopda Ke 71 Tingkat Kota Tangsel ini rencananya akan berlangsung pada tanggal 11 sampai dengan 14 Oktober 2018.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, tanpa sinergi dan kerjasamanya agenda besar ini tidak akan mungkin dapat terlaksana,” katanya Hendro dalam sambutannya sebelum membuka acara Jambore Aku Cinta Koperasi tersebut.

Lanjut Hendro, kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi memiliki beragam kegiatan antara lain perlombaan perkoperasian yang diikuti 25 Sekolah yang sebelumnya diberikan pembekalan dan pengenalan terlebih dahulu, lalu materi Public Speaking, Materi dari BNN Tangsel dan materi Koperasi dari LAPENKOP maupun materi dari DEKOPINDA Tangsel dan Dinas Koperasi & UKM Kota Tangsel.

“Kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi ini diikuti oleh kontingen perwakilan dari 25 sekolah di Kota Tangsel, terdiri dari 100 orang peserta dan 4 koperasi sebagai pendamping,” ucapnya.

Hendro juga menegaskan untuk mengikuti acara ini selain edukasi tentang perkoperasian, publik speaking dan lainnya menjadi salah satu syarat, “Selain acara ini ada acara besar berupa Harkopda Ke 71 Kota Tangsel dan salah satu rangkaian kegiatannya adalah Cerdas Cermat Koperasi. Jambore Aku Cinta Koperasi ini sebagai pembekalan dalam mengikuti cerdas cermat Koperasi yang nantinya pemenang akan mewakili Kota Tangsel di Harkopda Tingkat Provinsi, jadi harus mempersiapkan diri maupun secara mental,” terangnya.

Foto Bersama Peserta Jambore Aku Cinta Koperasi dengan PLt Dinkop dan UKM serta Dekopinda Kota Tangsel

Di sisi yang sama Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, drg. Dahlia Nadaek mengatakan bahwa kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi Ini berharap bisa melahirkan dan memunculkan kaderisasi, sehingga para pemuda mengenal lebih jauh apa itu koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

“Jambore Aku Cinta Koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal,” kata Dahlia yang sekaligus membuka langusung Jambore Aku Cinta Koperasi tersebut.

Dahlia Nadaek berharap, dengan kegiatan Jambore Aku Cinta Koperasi, hendaknya dapat memunculkan kaderasasi sehingga para pemuda dapat mengenal lebih jauh apa yang disebut koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

”Jambore Aku Cinta Koperasi ini menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan disekolah, di masyarakat dan mampu menciptakan entreprenuer muda dimasyarakat serta bagian dari upaya pemerintah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada kaum muda sejak awal,“ pungkas Dahlia.

Hendro juga berharap kepada para peserta untuk ikut membantu dalam menyukseskan acara Harkopda Ke 71 Kota Tangsel yang designnya sedang dipersiapkan yang mana nantinya dapat memberikan ide-ide cermerlang dari para peserta Jambore.

“Saya harap partisipasi koperasi sekolah untuk dapat turut serta dalam rakaian acara Karnaval di Harkopda Kota Tangsel yang Insya Allah akan mendapat rekor MURI nantinya,” tuturnya.

Pembukaan Jambore Aku Cinta Koperasi ditandai dengan bunyi serine oleh Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel dan diikuti riuh tepuk tangan oleh semua peserta. (Adv)

To Top