Connect with us

Taman Baca Masyarakat Dan PKBM Kota Tangsel Raih Medali Emas

Edukasi

Taman Baca Masyarakat Dan PKBM Kota Tangsel Raih Medali Emas

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih medali emas di ajang Penganugerahan Apresiasi GTK (Guru-Tenaga Kependidikan) PAUD & Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional ke-12 tahun 2018 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dalam ajang ini Kota Tangsel yang mewakili Provinsi Banten empat medali emas dan satu perunggu.
Kota Tangsel sendiri menyumbangkan tiga medali emas dari empat emas yang diraih Provinsi Banten untuk tingkat nasional.

Peraih medali emas yakni, juara I Pengelola TBM Kolong Ciputat, juara I Pengelola PKBM Kak Seto, juara I Tutor Paket C PKBM Maleo. Sedangkan peraih medali emas dan perunggu dari luar Kota Tangsel yakni, juara I Best Practice Tenaga Kependidikan PAUD Daerah 3T oleh Fachrudin dari Kabupaten Lebak serta juara III Pamong Belajar oleh Yus Alfar Saabighoot.

Penyerahan Penganugerahan Apresiasi GTK (Guru-Tenaga Kependidikan) PAUD & Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Nasional tersebut diberikan Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi di Pontianak, Kalimantan Barat pada Sabtu, (14/07/18).

Dalam sambutannya Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, sebagai wujud memberikan layanan pendidikan yang berkualitas pada PAUD dan DIKMAS terus lakukan inovasi.

“Mari kita lakukan inovasi dan melakukan pembaruan untuk mewujudkan pendidikan non formal dan informal yang berkualitas,” katanya.

Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS diselenggarakan Kemendikbud bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat mengangkat tema ‘Membangun Karakter Peserta Didik melalui Karya Nyata GTK PAUD dan DIKMAS’.

Melalui tema tersebut diharapkan seluruh GTK PAUD dan DIKMAS yang menjadi garda terdepan dalam mendidik anak di masa usia keemasan (golden age) dapat terus mengedepankan pembangunan karakter peserta didik.

“GTK PAUD dan DIKMAS sebagai garda terdepan dalam mendidik anak usia keemasan tidak boleh salah mendidik, khususnya dalam membentuk dan membangun karakter anak melalui pendidikan sejak usia dini,” ujarnya.

Pada penyelenggaraan apresiasi ini, Didik mengharapkan setiap peserta dapat saling memberikan motivasi melalui kisah-kisah sukses .

“Teruslah berkarya. Semoga GTK PAUD dan DIKMAS dapat terus berinovasi, melakukan pembaruan yang berkemajuan, berkarakter, cerdas, dan profesioal,” terangnya.

Sementara Ketua Komunitas Masyarakat Gemar membaca (Magma) Kota Tangsel Herlina Mustikasari mengatakan, TBM Kolong Ciputat merupakan dibawah binaan Komunitas TBM Magma.

“Saya apresiasi dengan prestasi yang telah dicapai teman-teman TBM dan PKBM di KOta Tangsel sehingga meraih penghargaan,” ucapnya. (rls/hms)

To Top