Connect with us

HIPMI Tangsel Dorong Banten Jadi Ibukota

Info Tangsel

HIPMI Tangsel Dorong Banten Jadi Ibukota

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Tangerang Selatan mendorong wacana Banten sebagai daerah Ibu Kota Indonesia. Hal ini menyusul adanya wacana dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI yang menjadikan wilayah Banten sebagai daerah pemindahan Ibu Kota dari Jakarta.

Sekretaris Umum HIPMI Kota Tangerang Selatan Istijar Nusantara mengatakan sangat tepat jika Banten dijadikan Ibu Kota Indonesia. 

Kata dia, dari segi infrastruktur Banten sangat mendukung untuk dijadikan sebagai pusat pemerintahan Republik Indonesia.

“Dari segi infrastruktur Banten sangat mendukung. Di sini masih luas tanahnya yang belum tergarap. Sudah begitu kontur tanahnya datar bukan rawa rawa seperti di Palangkaraya (Kalimantan),” katanya.

Melihat daya dukung DKI Jakarta yang sudah sedemikian padat. Dirinya menilai, sudah tepat, Provinsi Banten menjadi alternatif bagi ibukota negara. 

Menurut Istijar, wilayah wilayah seperti Maja dan Pandeglang pesisir sangat pantas jika dijadikan Ibu Kota Negara. 

Dia melanjutkan, Pemilihan Banten sebagai Daerah Ibu Kota akan menjadikan wilayah ini berkembang pesat secara perekonomian. Saat ini terjadi ketimpangan perekonomian. Dimana wilayah utara Banten seperti Tangerang sangat pesat perkembangan ekonominya. 

Misalnya, daerah Maja bisa menjadi tempat ibukota negara. Karena hal sudah banyak kita lihat di negara tetangga yang telah memindahkan ibukota negara-nya ke daerah lain, seperti Malaysia yang memindahkan Kuala Lumpur ke Putra Jaya,l. Jika Banten jadi Ibu Kota maka akan mendorong pembangunan dan pemerataan ekonomi. Ini peluang yang harus ditangkap warga Banten,” ujarnya.

Sebelumnya Anggota DPD RI AM Fatwa mendorong agar pemerintah pusat menjadikan Banten sebagai Ibu kota Negara. Menurut Fatwa Banten sangat potensial dan siap jika dijadikan Ibu Kota Indonesia. (Har)

Continue Reading
Advertisement
To Top