Connect with us

Michelin Kembangkan Ban Dari Bahan Spons

Tekno

Michelin Kembangkan Ban Dari Bahan Spons

Spons Ban satu ini tentunya bukan sejenis yang ada di dapur untuk cuci piring. Tapi ini jenis ban masa depan yang diidamkan dan sekarang sedang dikembangkan oleh Michelin.

Sekarang coba bayangkan satu ban untuk semua permukaan jalan, mulai dari basah, kering, mulus, hingga off-road bisa dilayani oleh satu set ban.

Jadi tidak perlu lagi gonta-ganti ban untuk menyesuaikan medan jalan dan tidak akan pernah kempes apalagi pecah karena tidak menggunakan udara di dalamnya.

Dikutip dari Popularmechanic.com, Michelin melihat ban masa depan ini terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang, seperti kombinasi karet alami, kertas, kaleng, kayu, bahan elektronik dan plastik.

Bagaimana dengan kembangan bannya? Nah ini yang menarik.

Michelin memiliki visi unik, di mana setiap mobil yang menggunakan ban masa depan ini juga akan dibekali dengan 3D printer yang bisa langsung mencetak kembangan ban yang sesuai dengan permukaan jalan secara instan.

Memang sih, visi ini masih jauh dari kenyataan, Wakil Direktur Penelitian dan Pengembangan produk dari Michelin, Terry Gettys juga mengatakan butuh lebih dari 10 tahun lagi untuk bisa membuat purwarupa dari ban masa depan itu.

Wow, walau masih lama dan mungkin saja mustahil, visi dari Michelin ini patut diacungi jempol.(DH)

Continue Reading
Advertisement
To Top