Connect with us

Sore Nanti Matahari Tepat di Atas Ka’bah, Yuk Perbaiki Arah Kiblat Anda

Info Tangsel

Sore Nanti Matahari Tepat di Atas Ka’bah, Yuk Perbaiki Arah Kiblat Anda

Hari ini Minggu tanggal 28 Mei 2017 di hari ke-2 puasa Ramadhan 1438 Hiriyah, matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah. Momentum ini bisa digunakan kaum muslimin untuk menyempurnakan arah kiblat.

Hal tersebut dijelaskan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Muhammad Thambrin, berdasarkan data astronomi, Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

“Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah,” terang M. Thambrin, Sabtu (26/05) di Jakarta.

Peristiwa semacam itu, Thambrin melanjutkan, dikenal juga dengan nama Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum ini, lanjut M Thambrin, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Kasubdit Hisab Rukyat Dit Urais Nur Khazin mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhaikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul
2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata
3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom

(mdr/rls)

To Top