Connect with us

Dinkes Tangsel: Jangan Sepelekan Penyakit Ringan!

Info SKPD

Dinkes Tangsel: Jangan Sepelekan Penyakit Ringan!

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan terus mengingatkan masyarakat untuk tidak menyepelekan penyakit tidak menular atau penyakit ringan yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat.

Salah satu cara yang dilakukan Dinas Kesehatan adalah mensosialisasikan program penyakit tak menular kepada masyarakat di Resto Bukit Pelayangan, Serpong, Rabu (22/3/2017).

Kepala Bidang Pencegah Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tangsel, Dr. Tulus mengatakan, program penyakit tidak menular yang saat ini diterapkan yakni pengenalan program baru dan berupa sosialisasi.

“Program penyakit tidak menular merupakan program baru dan menjadi kegiatan pengenalan. Program baru dimana seluruh kepala puskesmas dan masyarakat mengenal penyakit menular, karena selama ini penyakit tidak menular dianggap tidak bahaya namun ternyata paling bahaya,” ungkapnya.

Penyakit tidak menular secara umum, biasanya terjadi disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, kata dia, juga tak jarang berasal dari faktor keturunan.

“Adapun beberapa jenis tidak menular yaitu, hipertensi, stroke, jantung, rematik, osteoporosis, dan diabetes melitus, dan harus ditangani secara kontinyu. Penanganan penyakit ini cukup lama dan serius,” katanya.

Tulus juga memaparkan, program penyakit tidak menular dapat dilakukan dengan cek kesehatan secara rutin dan teratur, menjauhi asap rokok dan polusi udara lainnya, rajin melakukan aktivitas gerak berupa olahraga, diet yang sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup serta dengan mengendalikan stres.

“Penjelasan tersebut merupakan bentuk program penyakit tidak menular, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Listya Windyarti mengatakan, hidup sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Karenanya, masyarakat diimbau untuk memperhatikan kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan rutin. Apalagi, berbagai penyakit bisa saja datang menjangkiti tubuh seseorang.

“Inisiatif masyarakat sangat diharapkan untuk turut menjaga diri terutama kesehatannya. Karena kesehatan merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Maka dari itu, perhatikan pola dan gaya hidup yang sehat. Kebersihan sebagian dari kesehatan, maka kita harus menjaga kebersihan dimanapun berada,” tandasnya. (toid)

Continue Reading
Advertisement
To Top