Connect with us

Manfaat Mendongeng, Menstimulasi Daya Imajinasi dan Berpikir Anak

Ciputat

Manfaat Mendongeng, Menstimulasi Daya Imajinasi dan Berpikir Anak

Jaman dahulu kala… begitulah penggalan pertama saat kita mengenal dongeng kali pertama. Dongeng yang dikisahkan langsung oleh ibu atau pun ayah menjelang kita tidur saat masa balita.

Namun kini seiring perkembangan teknologi dan kesibukan mencari nafkah, banyak orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak-anaknya. Tak sedikit yang menggantinya dengan perangkat gadget maupun smartphone untuk menghibur buah hati mereka.

Padahal dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua akan membentuk tumbuh kembang anak di masa mendatang. Manfaat mendongeng selain memperkaya kosa kata juga bakal menstimulasi daya imajinasi dan berpikir anak agar ia menjadi kreatif serta meningkatkan minat baca dan sekaligus melatih kemampuan mendengar.

Hal tersebut diungkapkan Kak Awam Prakoso saat menggelar ‘Kampung Dongeng Pekan Ceria’. Acara ini digelar serentak di 60 titik Kampung Dongeng di seluruh daerah.

“Kampung Dongeng Pekan Ceria, itulah namanya dilaksanakan setiap pekan penuh dengan keceriaan anak-anak yang hadir didampingi orang tuanya. Di mana tentu di 60 titik kampung dongeng di berbagai daerah,” ujar Awam Prakoso, seperti dikutip oleh KabarTangsel.com, Minggu, (8/1/2017).

Pendongeng nasional yang telah meraih Rekor Mendongeng Nonstop Terlama dari MURI itu menjelaskan, acara “Kampung Dongeng Pekan Ceria” di Tangsel dimulai sejak pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang yang dihadiri ratusan anak. Dan acaranya tidak hanya mendongeng saja, tetapi juga ada ajang unjuk bakat anak, kreatifitas anak dan berbagai permainan anak.

“Kampung Dongeng Pekan Ceria selalu dihadiri ratusan anak-anak beragam usia, yang tentunya mendengarkan cerita, bermain dan berkreasi bersama,” jelas pria yang akrab disapa Kak Awam itu.

Anda berminat mengajak anak anda untuk mengikuti “Kampung Dongeng Pekan Ceria” di Tangsel? silahkan datang ke Kampung Dongeng Indonesia yang berlokasi di Jalan Musyawarah No. 99, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.  (source Kabartangsel.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top