Connect with us

1126 Mangkok Sayur Besan Siap Santap Masuk Rekor MURI

Info Tangsel

1126 Mangkok Sayur Besan Siap Santap Masuk Rekor MURI

Unik, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) meraih rekor MURI atas pembuatan sayur besan terbanyak di Indonesia. Sebanyak 1126 mangkok masakan khas Betawi ini disajikan lalu dimakan bersama ribuan masyarakat Tangsel di Lapangan Sunburst BSD, Jumat (25/11/2016).

Plt Sekda Tangsel Muhammad mengatakan, penyajian sayur besan sebelumnya sudah dipersiapkan sejak pagi hari oleh ibu-ibu dari 7 kecamatan Tangsel. Dari setiap kecamatan diwajibkan menyajikan 150 mangkok sayur besan.

“Masing-masing kecamatan berkewajiban membuat 150 mangkok sayur, kemudian oleh mereka dibawa dan dikumpulkan di sini,” ujar Plt Sekda Kota Tangsel, Muhamad, saat ditemui di lokasi acara Lapangan Sunburst BSD.

Setelah dituangkan dan disusun di atas meja, tersajilah sebanyak 1126 mangkok sayur besan siap makan. Untuk memastikan jumlahnya benar, oleh perwakilan MURI pun dihitung ulang.

“Bahkan selain pertama di Indonesia, ini kan juga pertama di dunia untuk penyajian sayur sebanyak ini,” ungkap Osman Semesta Susilo, Perwakilan MURI dunia.

Penghargaan pun diberikan kepada Plt Sekda yang mewakili Pemerintah Kota Tangsel, serta pihak lainnya. Barulah masyarakat yang hadir dan juga ibu-ibu yang membuatnya langsung menyerbu menyicipi sayur berkuah santan itu.

Menurut Muhamad, peraihan rekor MURI dengan mengangkat sayur besan untuk memperkenalkannya makanan khas Betawi ke masyarakat luas. “Ini kan masakan khas Betawi yang juga jadi masakan khas Tangsel. Jadi, dengan begini masyarakat lebih tahu lagi bila ada menu ini yang enggak kalah enak dari menu restoran,” tuturnya.

Muhamad pun menjelaskan, sayur besan sendiri adalah masakan rumahan yang sejak dulu dari jaman leluhur masyarakat Betawi idolakan. Bahkan disaat menggelar hajatan, sayur ini selalu jadi menu wajib yang ada di meja prasmanan.

“Kuahnya itu bersantan dan ada rasa pedasnya. Isinya ada banyak potongan sayur, kalau mau lengkap lagi ada yang menambahkan bihun di dalamnya sebagai pelengkap,” katanya.

Bahkan pada peringatan HUT Kota Tangsel tahun lalu, Pemkot setempat pun memperdayakan masyarakat untuk ikut membuat dodol dan memecahkannya menjadi dodol terpanjang di Indonesia dan dunia. “Panjangnya pencapai 1 kilometer, inilah cara kami memperkenalkan makanan dan masakan khas daerah,” kata Muhamad.(toid)

Continue Reading
Advertisement
To Top