Connect with us

Wisata Murah Meriah di Situ Gintung

Kuliner

Wisata Murah Meriah di Situ Gintung

situ_gintung_tangselTANGSELOKE.com- Situ Gintung, tempat yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi penduduk yang bermukim di Tangerang Selatan. Teringat beberapa tahun yang lalu, situ ini merupakan kawasan yang sangat sepi dan tak jarang beredar kabar tentang keangkeran situ tersebut. Tapi kini, situ gintung menjadi salah satu tujuan wisata murah meriah bagi penduduk lokal.

Situ Gintung merupakan danau buatan yang dibuat pada tahun 1932-1933 dengan luas 31 ha. Awalnya situ ini dibuat untuk menampung air hujan dan mengairi ladang pertanian di sekitarnya. Di tengah-tengah situ terdapat pulau kecil seluas 1,5 ha yang menyambung hingga ke tepi daratan, pulau ini dikenal dengan nama Pulau Situ Gintung.

Banyak cerita mistis menyebar di penduduk sekitar tentang situ ini. Sebagian besar masyarakat sekitar yang percaya bahwa di wilayah Situ Gintung terdapat sebuah kerajaan gaib yang dihuni oleh para siluman. Siluman buaya putih merupakan salah satu makhluk gaib yang diyakini menghuni Situ Gintung. Cerita mistis tersebut membuat area Situ Gintung sangat sepi, terutama jika matahari mulai tenggelam dan malam mulai naik. Tapi itu dulu, sebelum pemerintah daerah merenovasi ulang Situ Gintung.

Tanggul Situ Gintung hancur pada tanggal 27 Maret 2009. Tanggul selebar 30 meter dengan tinggi 6 meter itu bobol akibat tidak mampu menampung banyaknya volume air akibat hujan deras. Air Situ Gintung menyapu pemukiman warga pada pukul 4 dini hari dan menewaskan sedikitnya 100 orang. Sejak saat itu Situ Gintung mengalami pemugaran dan tepatnya pada tahun 2010, Situ Gintung beralih fungsi menjadi bendungan dan tempat wisata.

Situ Gintung yang sekarang bukan lagi sebuah danau yang ditakuti dengan cerita-cerita mistisnya. Ratusan hingga ribuan pengunjung memadati tempat ini setiap harinya, terutama di akhir pekan dan hari-hari libur nasional. Mereka datang sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menikmati pemandangan asri di sekitar Situ Gintung, berolahraga, atau menyalurkan hobi memancing. Pengunjung tidak dikenakan tarif untuk datang ke lokasi ini alias gratis. (source via onvsof.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top