Connect with us

Lima Negara Tetangga Siap Bantu Lacak AirAsia QZ8501

BANTEN OKE

Lima Negara Tetangga Siap Bantu Lacak AirAsia QZ8501

air_asia18.143.23.153- Lima negara tetangga telah menawarkan bantuan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan pencarian dan investigasi keberadaan pesawat Air Asia QZ 8501 yang hilang saat berangkat dari Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12) pagi.

“Ya kita menerima tawaran bantuan dari Autralia, Sungapura, Inggris, Korea Selatan dan Malaysia. Mereka siap membantu mencari dan juga investigasi kalau di minta,” kata Ketua KNKT Tatang Kurniadi di Kantor Otoritas Bandara Internasional Soekarno- Hatta, Minggu (28/12).

Dia mengaku menyambut baik negara-negara yang menawarkan bantuan. Namun, saat ini pihaknya tengah mengerahkan sumber daya yang ada untuk mencari pesawat tersebut.
“Kita masih coba cari dengan semaksimal mungkin,” katanya.

Tatang juga belum berani menyebutkan penyebab hilangnya Air Asia. Pihaknya masih mencari keberadaan pesawat tersebut lewat sinyal dari Emergency Locator Tramsiter (ELT) maupun Pinger. Ditanya kemungkinan terburuk, Tatang pun enggan berasumsi.

“Saya jarang berfikir terburuk, pegangan dari seorang investigator tidak boleh menempatkan spirit dalam posisi negatif. Jadi kita tetap otimis bisa ditemukan,” katanya.

Sementara Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murjatmodjo mengatakan, jumlah armada yang dikerahkan untuk mencari pesawat Air Asia ada tujuh pesawat. Diantaranya TNI Angkatan Udara mengirimkan pesawat AI 7303 take off dari Makassar. Kemudian CN 235 callsign P860 yang berangkat dari Juanda, Surabaya.

Selain itu ada juga Pesawat Patmar CN 235 callisgn P861 yang berangkat dari Batam. Ada juga pesawat Heli Dauphin SAR HR 3601 yang berangkat dari Pondok Cabe.  Dari Halim Perdanakusuma Pesawat A 1323 dan pesawat Heli HT 3310. Dan terakhir adalah pesawat Kalibrasi King Air yang take off dari dari Budiarto.

“Pencarian terus dilakukan, di laut sekitar Belitung, Palembang dan sekitarnya serta di darat dari Sampit sampai Pontianak. Jika sampai malam hari belum ada hasil, maka akan dilanjutkan besok pagi,” jelasnya. (source via TN)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top