Connect with us

DPRD Tangsel Optimis Bahas APBD-P Pekan Ini

Info DPRD

DPRD Tangsel Optimis Bahas APBD-P Pekan Ini

rapat_paripurna_dprd_tangselTANGSELOKE.com- Pembentukan Alat Kelengkapan DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dikebut. Usai pengambilan sumpah pimpinan dewan, Rabu (24/9/2014), para legislator langsung menggelar rapat marathon.

Musyawarah ini dilakukan untuk membentuk kelengkapan dewan lainnya, seperti Komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Baleg) serta Badan Anggaran (Banggar).

“Waktu kerja kita sudah sangat mepet, jadi harus ngebut untuk segera melaksanakan agenda penting,” kata Ketua DPRD Tangsel Moch. Ramlie usai dilantik saat sidang paripurna DPRD Tangsel.

Ramlie mengungkapkan, DPRD hanya memiliki waktu efektif kurang dari tiga bulan untuk melaksanakan sejumlah agenda penting. Sehingga roda pembangunan di Kota Tangsel dapat berjalan.

Beberapa agenda penting yang dimaksud, jelasnya, berupa pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) 2014 dan pembahasan anggaran tahun 2015. Sambung Ramlie, mepetnya waktu membuat pihaknya segera menuntaskan pekerjaan internal dewan.

“Usai pengambilan sumpah pimpinan dewan ini, perwakilan fraksi langsung membahas pembentukan alat kelengkapan dewan lainnya,” tegas politisi Golkar ini.

Ramlie juga menyampaikan, dalam pembahasan ini DPRD Kota Tangsel mengedepankan asas musyawarah mufakat dan tidak menggunakan mekanisme voting.

Harapannya, kata Ramlie, pembahasan hari ini tuntas dan sudah bisa diparipurnakan untuk pengesahannya. Sebab dengan segera terbentuknya alat kelengkapan dewan Bamus segera mengagendakan pembahasan anggaran dengan eksekutif.

Ramlie juga meminta kepada jajaran ekekutif sudah menyiapkan berbagai materi yang akan segera dibahas bersama legislatif. Hal ini untuk memanfaatkan waktu seefektif mungkin. “Khusus pembahasan APBD-P mudah-mudahan minggu ini sudah bisa dibahas,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Tb Bayu Murdani yang mengatakan, dalam waktu dua hari ke depan maka seluruh Alat Kelengkapan DPRD akan rampung. “Mulai dari Banggar, Bamus, Komisi dan yang lainnya terkejar dalam waktu dua hari,” tuturnya.

Bayu mengatakan, laporan terakhir dari setiap fraksi sudah dibentuk untuk nama-nama yang akan mengisi AKD dan akan mensingkronisasikan nama-nama tersebut.

“Sudah ada pendekataan persuasif lintas fraksi, jadi nama-namanya sudah ada hanya tinggal mensingkronisasikannya. Karena pimpinan sementara sebelumnya sudah membahas hal ini. Jadi tinggal diparipurnakan saja untuk AKD ini,” tuturnya.

Bayu juga mengatakan dengan target dua hari penyelesaian AKD itu juga akan lebih cepat lagi mengejar rapat pembehasan APBD-P 2014. “Dua hari selesai AKD, itu memang kita cepatkan untuk mengejar APBD-P itu,” tuturnya.

Meski dipertegas kembali mengingat waktu yang sempit pada September ini sudah harus diketuk palu, Bayu mengaku cukup optimis Pembahasn APBD-P dapat diselesaikan secepatnya. “Insyaallah terkejar,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengaku tetap optimis jika dalam waktu dekat RAPBD-P tahun 2014 yang telah diajukan itu dapat segera disahkan.

“Saya optimis APBD-P akan disahkan dalam waktu dekat. Inikan untuk kepentingan masyarakat Kota Tangsel,” ujar Airin.

Airin mengaku telah melakukan pembicaraan dengan panitia anggaran eksekutif dan segera berkoordinasi dengan anggota DPRD baru guna mencari solusi agar APBD-P dapat sahkan.

“Harapan saya semoga kedepan antara eksekutif dengan anggota Legislatif yang ada di Kota Tangsel, dapat duduk bersama dalam menyuarakan kepentingan masyarakat Tangsel,” harapnya. (source via k6)

Continue Reading
Advertisement
To Top