Connect with us

Wisata Situ Berpotensi Tingkatkan PAD Kota Tangsel

Serpong

Wisata Situ Berpotensi Tingkatkan PAD Kota Tangsel

situ_gintung_tangsel18.143.23.153- Keberadaan sembilan situ yang tersebar di wilayah Kota Tangerang Selatan mulai dilirik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel sebagai potensi wisata air yang akan menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) serta meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Hal itu diungkap oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany saat mengunjungi Situ Parigi pada akhir pekan lalu. Airin terus berupaya mendorong pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum untuk merevitalisasi situ. Sebab, keberadaan situ di Kota Tangsel merupakan tanggung jawab dan wewenang pemerintah pusat. (Baca juga: Ini Potret Kondisi 9 Situ Di Tangsel)

Ia juga mendorong proses peralihan kewenangan pengelolaan situ kepada Pemkot Tangsel yang pada tahap awal, akan ada revitalisasi lima situ dari sembilan situ oleh Kementerian Pekerjaan Umum dengan tujuan mempertahankan ekosistem kawasan situ.

“Senin pekan lalu, saya berkunjung ke Kementerian PU khususnya dirjen SDA, membicarakan situ yang sudah terdaftar di Kementerian. Bahwa kita akan mendapatkan bantuan dana untuk merevitaliasi situ,” ungkap Airin saat membuka kegiatan ‘Gerakan Tangsel Bersih Airaditas,”.

Kementerian PU menurut Airin, bakal melakukan satu perjanjian dengan Pemkot Tangsel tentang langkah-langkah memudahkan pengerjaan revitalisasi situ. “Kita akan melakukan MoU antara Pemkot Tangsel dengan Kementerian PU dalam hal ini Dirjen SD,” katanya.

Selain pemerintah pusat, Airin mengajak pihak swasta ataupun masyarakat untuk berperan aktif mengoptimalkan fungsi situ di Kota Tangsel. Saat ini sudah ada satu pengembang bersedia mengelola salah satu situ di Serpong Utara. (Baca juga: Pesta Rakyat Situ Bungur)

“Yang sudah masuk surat di Kementerian PU adalah Situ Rawa Kutuk, dari pengembang Alam Sutra untuk mengolah dan sebagainya langsung dengan kementerian. Sedangkan kita (Pemkot) yang memiliki wilayah untuk peningkatan PAD dan lain melalui pajak,” katanya. (din/kr/tp)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top