Connect with us

Pencak Silat Diusulkan Masuk Mulok

Serpong

Pencak Silat Diusulkan Masuk Mulok

silat_tangsel18.143.23.153- Pencak silat sebagai seni bela diri yang merupakan budaya lokal patut dilestarikan. Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), keberadaan pencak silat kurang terekspos, sehingga tak pernah tersentuh bantuan dari pemerintah.

Berangkat dari keprihatinan atas kondisi tersebut, pencak silat diusulkan sejumlah perguruan silat di Kota Tangsel untuk masuk dalam muatan lokal (mulok) di sekolah yang ada di Kota Tangsel. Usulan tersebut disampaikan saat pertemuan di salah satu restoran di Situ Gintung, Ciputat Timur, Minggu (10/08/2014).

“Kami akan upayakan agar pencak silat menjadi salah satu mulok di sekolah. Sebagai salah satu kebudayaan lokal, seni bela diri pencak silat harus dilestarikan,” kata Tomy Patria, penggagas pertemuan tersebut.

Tomy mengakui, pertemuan yang dihadiri sejumlah perguruan Pencak Silat se-Tangsel itu, akan menjadi tonggak untuk mempersatukan kebudayaan di Tangsel. Ke depan, kata Tomy, akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas pembentukan paguyuban Pencak Silat se-Tangsel.

“Kalau paguyuban sudah terbentuk, nanti akan kami buat program. Salah satunya menggelar festival pencak silat. Nantinya, sebanyak 35 perguruan pencak silat yang ada di Tangsel ini bakal unjuk kebolehan,” ungkapnya.

Terkait rencana memasukan pencak silat dalam mulok di sekolah, mendapat sambutan dari Dinas Pendidikan setempat. Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangsel Wiwi Martawijaya mengaku pencak silat merupakan salah satu warisan daerah yang harus dilestarikan.

“Kami menyambut baik. Terlebih, ada beberapa sekolah di Tangsel ini yang sudah memasukan pencak silat dalam ekstrakurikulernya. Salah satunya di SMP Negeri 11 Kota Tangsel. Di sekolah itu ada ekstrakurikuler pencak silat,” tandasnya.

Sementara di Kota Tangsel tercatat ada 35 perguruan pencak silat yang tersebar di tujuh kecamatan. Beberapa perguruan pencak silat, di antaranya yakni Perguruan Beksi, Perguruan Troktok, Perguruan Jingkrik, Perguruan MS Jalan Enam, Perguruan Selendang Mayang dan Perguruan Haikun.

Masing-masing perguruan ini merupakan satu kesatuan dalam pencak silat. Hanya saja, yang membedakan perguruan ini adalah jenis jurus yang diterapkan. (source via bantenhits)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top