Connect with us

Cegah Aksi Penyadapan, Yahoo dan Google Ciptakan Email Antisadap

Tekno

Cegah Aksi Penyadapan, Yahoo dan Google Ciptakan Email Antisadap

email_sadapTANGSELOKE.com- Yahoo! berencana menggandeng Google dalam menciptakan sistem enkripsi untuk meningkatkan keamanan pada surat elektronik. Kerja sama ini terbilang unik mengingat keduanya selama ini saling berkompetisi di industri teknologi.

Kerja sama ini pertama kali disampaikan oleh veteran teknologi keamanan, Alex Stamos, dalam ajang Black Hat, di Las Vegas, Kamis, 7 Agustus 2014. Stamos menyebutkan sistem enkripsi mulai berjalan pada 2015.

“Yahoo! Mail bukan hanya dapat dienkripsi oleh pengguna Yahoo!, tetapi juga kompatibel dengan Gmail pada Google,” kata Stamos, seperti dikutip situs CNET, Jumat, 8 Agustus 2014.

Nantinya, sistem enkripsi pengguna akun surat elektronik akan mencegah adanya penyadapan, baik yang dilakukan peretas maupun pihak pemerintah. Seperti diketahui, di sejumlah negara, lembaga pemerintah kerap menyewa pihak ketiga untuk mengumpulkan data warganya melalui Internet.

Sistem enkripsi ini dilengkapi dengan fitur pilihan yang dapat diaktifkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Yahoo! dan Google tengah meningkatkan sistem keamanannya menyusul adanya dugaan mata-mata yang dilakukan Nasional Secret Agency (NSA) terhadap perusahaan teknologi.

Kerja sama antara dua raksasa Internet ini dinilai bakal memberikan pengaruh positif bagi penggunanya. Apalagi Yahoo! dan Google masih menjadi penguasa layanan Internet di seluruh dunia. Total pengguna aktif akun Gmail mencapai 425 juta, sedangkan pengguna Yahoo! Mail 273 juta.

Sayangnya, Yahoo! belum memberikan pernyataan resmi terkait kerja sama tersebut. “Kami berharap ke depannya sistem ini dapat diadaptasi oleh banyak penyedia surat elektronik,” ujar juru bicara Yahoo!. (source via cnet)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top