Connect with us

Silpa APBD Tangsel Ternyata Rp 566 miliar

Info Tangsel

Silpa APBD Tangsel Ternyata Rp 566 miliar

uang_miliaran_ilustrasiTANGSELOKE.com- Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) APBD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2013 yang sebelumnya diprediksi sebesar Rp. 217 milliar, ternyata membengkak mencapai Rp 566 miliar.

Sedianya, Silpa tersebut akan dikembalikan ke  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membutuhkan anggaran tambahan.

Besaran Silpa tersebut diungkap anggota Badan Anggaran (Banang) DPRD Tangsel, Rizki Jonis, Minggu (26/1/2014).

Menurutnya, besaran Silpa APBD Tangsel tahun 2013 bukan disebabkan oleh tidak matangnya perencanaan. Melainkan tidak terlaksananya berbagai kegiatan oleh Satuan Kerja (Satker) yang bersangkutan.

“Silpa APBD tahun 2013 itu akan dikembalikan lagi ke SKPD yang membutuhkan anggaran tambahan,” ungkapnya.

Faktor lain yang menyebabkan besarnya Silpa adalah, tambah Rizki, bahwa kegiatan di beberapa SKPD mengalami keterlambatan. Sehingga anggaran tidak bisa digunakan.

“Ada juga akibat kegiatan yang telah diprogramkan, namun tidak dilaksanakan. Salah satunya kegiatan pembebasan lahan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rizki menjelaskan, tim anggaran TAPD pemkot Tangerang Selatan saat ini belum menyampaikan laporan revisi RKA untuk dinas-dinas yang mendapatkan penambahan anggaran.

Dimana, kata Rizki, penambahan ini disesuaikan dengan rencana kerja masing-masing SKPD yang membutuhkan anggaran.

“Tim anggaran TAPD belum menyerahkan progress revisi anggaran tahun 2013. Masih ada kesempatan Senin (27/1) untuk menyelesaikan laporan revisi tersebut,” imbuhnya.

Rizki mengungkapkan, saat ini tim anggaran TAPD tengah melakukan revisi anggaran tahun 2013. Sehingga secara teoritis diperkirakan pembahasan hingga penetapan APBD 2014 bisa dilakukan pada bulan ini.

“Jika lancar, Senin tim TAPD Pemkot bisa menyerahkan revisi anggaran, siang kita lakukan pembahasan. Setelah itu kita rapatkan di banmus untuk diparipurnakan,” tegasnya.

DPRD Tangsel menjamin pengesahkan APBD 2014 akan diketuk palu pada minggu ke empat dibulan Januari 2014.”Kemungkinan tanggal 30 atau 31 Januari kita ketuk palu,”pungkasnya.

Diketahui, Pemkot Tangsel dalam laporan RAPBD 2014 menyebutkan, komponen penerimaan pembiayaan tahun 2014 direncanakan sebesar Rp 217,93 Miliar yang berasal dari Silpa APBD 2013. (kabar6.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top