Connect with us

Misteri Jumlah Silpa APBD Tangsel Sesungguhnya

Info Tangsel

Misteri Jumlah Silpa APBD Tangsel Sesungguhnya

uang_ilustrasiTANGSELOKE.com- Seberapa besar jumlah Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sesungguhnya masih menjadi misteri. Sebelumnya sempat diberitakan sebesar Rp 217 miliar. Faktanya masih banyak sejumlah pihak yang meragukan jumlah silpa tersebut yang pada akhirnya merebak dugaan bahwa jumlah silpa sebenarnya lebih dari setengah triliun.

Mengenai angka pasti jumlah silpa ini, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie berjanji akan membeberkannya pada saat rapat pembahasan dengan DPRD dan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD).

“Mengenai kejelasan atau rincian berapa persisnya angka Silpa sampai dengan akhir tahun 2013, akan kami sampaikan secara terperinci pada saat pembahasan dengan anggota DPRD,” ungkap Benyamin.

Sama seperti sebelumnya, Benyamin memprediksi kalau besaran silpa bisa saja lebih dari Rp 217 miliar, seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya. Namun untuk berapa angka pastinya, Pemkot Tangsel akan melaporkan langsung ke BPK, dan sebelumnya akan dibahas pada rapat pembahasan bersama anggota dewan. “Pasti akan kami laporkan secara menyeluruh yang sebenar-benarnya. Sumbernya dari mana saja, juga akan kami rincikan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, secara terpisah Pengamat Pemerintahan dan Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat, Zaki Mubarak mengatakan besarnya Silpa menjadi tolak ukur kemampuan SKPD suatu wilayah dalam mengelola APBD. Jika semakin besar jumlahnya, maka patut dipertanyakan kinerja Pemkot Tangsel dalam mengelola keuangan daerah.

“Terlebih jika jumlah silpa yang dilaporkan berbeda dengan yang dilaporkan, itu bisa jadi temuan,” ungkap Zaki.

Untuk itu, dia berharap bila jumlahnya silpa tidak lebih besar. “Yang kemarin saja tidak bisa mengelolanya, bagaimana kalau diberikan yang lebih besar lagi?,” katanya setengah bertanya. (SN/TO)

Continue Reading
Advertisement
To Top