Connect with us

Pemkot Ajak Pihak Swasta Tanam Pohon

Info SKPD

Pemkot Ajak Pihak Swasta Tanam Pohon

bang_benyamin_davnie18.143.23.153- Keberadaan dan fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi sebuah daerah telah menjadi kebutuhan yang sangat penting demi kelestarian lingkungan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri. Perlu peran serta seluruh elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan (stakeholder), termasuk pihak swasta.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, menegaskan bahwa pemerintah daerah tidak dapat bergerak sendiri. Segala bantuan dari berbagai pihak untuk mewujudkan Tangsel Go Green menurutnya perlu diapresiasi. Oleh karenanya semua perusahaan maupun pengembang diminta peduli dan bijak terhadap lingkungan.

“Kepedulian pengembang terhadap lingkungan sangat diharapkankarena saat ini, 70 persen lahan dikuasai pengembang perumahan serta perusahaan. jangan hanya menanam pohon beton saja, tetapi juga harus memperhatikan lingkungan,” tegas Wakil Walikota Benyamin, Jum’at, 15 November 2013.

Caranya, yakni dengan menanam pohon dan menyediakan RTH. Menurut Wakil Walikota Benyamin, prosentase RTH di Kota Tangerang Selatan sudah mencapai 22 persen. Meski begitu masih diperlukan kerja keras untuk mewujudkan RTH 30 persen sesuai ketentuan.

Meski demikian, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berusaha mewujudkan standar RTH sampai 30 persen dari luas wilayah.

Ketentuan ini sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. “Pemberian ribuan pohon ini sebagai bentuk kepedulian swasta terhadap lingkungan,” terangnya.

Partisipasi aktif dari lembaga dan dunia usaha swasta untuk mau membantu mewujudkan RTH 30 persen sangat diperlukan. Seperti inisiasi yang dicetuskan pengelola pusat perbelanjaan Living World Alam Sutera di Kecamatan Serpong Utara. Perusahaan ini turut menyumbang 500 ribu bibit pohon kepada pemerintah daerah setempat untuk disebar di empat wilayah.

“Kita harus peduli dengan kelestarian lingkungan. Karena semua yang dinikmati sekarang ini nantinya akan kita wariskan kepada anak cucu kita,” kata Direktur Operasional Living World Alam Sutera, Janywati.

Jany menambahkan, keempat kota-kota yang diberikan aneka jenis bibit pohon yakni di Tangerang Tangsel, Depok, Bekasi dan Jakarta Barat. Bibit pohon penghijauan diberikan secara simbolis pohon kepada wakil dari empat kota tersebut. “Melalui program Trees for Tommorrow, kami berusaha mewujudkan kota hijau di empat kota,” tambahnya.

RTH di wilayah Kota Tangerang Selatan yang dikelola oleh pemerintah begitu mudah ditemui. Area penghijauan yang dibiayai negara yakni Hutan Kota Jombang di Ciputat dan Hutan Kota Pondok Benda di Pamulang. Sementara milik pihak swasta diantaranya Taman Kota I dan II di kawasan BSD City, Serpong. (bpti/hms)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top