Connect with us

Inilah 3 Sekolah di Tangsel Pemenang LSS Tingkat Nasional

Edukasi

Inilah 3 Sekolah di Tangsel Pemenang LSS Tingkat Nasional

cikal_harapan_bsdTANGSELOKE.com- Tiga Sekolah asal Kota Tangsel  berhasil menjuarai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional mewakili Provinsi Banten.

Ketiga sekolah yakni, SMA Pembangunan Jaya mendapatkan juara I, SMP Negeri 11 berhasil  medapatkan juara 4 dan SD Cikal Harapan juara 4.

Rencananya penghargaan perlombaan tingkat  nasional itu bakal diberikan pada 17 September  mendatang di Sentul, Bogor oleh empat menteri ,  yakni Menteri Kesehatan, Pendidikan dan  Kebudayaan, Agama dan Dalam Negeri.

Tahun ini  merupakan tahun keempat sekolah asal Kota  Tangsel mewakili Banten menorehkan prestasi pada  LSS.

Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan (Promkes)  Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati mengatakan,  prestasi yang diraih Provinsi Banten  itu  merupakan hasil kerja keras Pemkot Tangsel  dalam melakukan penyeleksian dan pembinaan  ketiga sekolah tersebut.

“Alhamdulillah kami berhasil mendapatkan juara  pada LSS tingkat nasional,” ungkapnya, Jumat  (13/9).

Ketiga sekolah tersebut  menurut dia, memang  telah mempersiapkan Unit Kesehatan Siswa (UKS) yang  sangat representatif untuk siswa yang merupakan  icon andalan untuk penilaian ini.

“Sekolah juga telah dilengkapi dengan prasarana  kesehatan yang memadai seperti tempat sampah  yang baik, tempat cuci tangan dan taman sekolah,” katanya.

Menurutnya pendidikan kesehatan yang diajarkan  kepada siswa merupakan keseimbangan antara  kesehatan jasmani dan rohani yang diharapkan  bisa mencetak generasi yang unggul.

Para siswa  dilatih untuk menerapkan Prilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS).
“Diharapkan setelah nanti mengerti pola hidup  sehat, para siswa dapat menginformasikan dan mengajak kepada keluarga dan lingkungan sekitar  untuk bisa menjalankan hidup sehat juga,”  katanya.

Menurut dia, ketiga sekolah juga sudah  melaksanakan trias UKS yakni Pekan Kesehatan P3K, pelayanan kesehatan melalui UKS dan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias) untuk tingkat SD.

“Dengan adanya trias UKS ini mendeteksi dini  penyakit pada anak-anak,” katanya.

Tujuan dari lomba ini, sambung Iin untuk  memberikan motivasi dan sekaligus penguatan UKS  di masing-masing penyelenggara pendidikan.  UKS  di tiap sekolah memiliki peran yang amat  penting dan strategis dalam meningkatkan  derajat kesehatan masyarakat khususnya siswa.

“Seiring dengan meningkatnya derajat kesehatan  para siswa, prestasi sekolah pun menjadi makin  terdongkrak,” ucapnya. (tn/to)

Continue Reading
Advertisement
To Top