Connect with us

Toto: Tangsel Bagai Magnet Bagi Kaum Urban

Info Tangsel

Toto: Tangsel Bagai Magnet Bagi Kaum Urban

terminal_busTANGSELOKE.com- Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tangerang Selatan memprediksi jumlah warga pendatang setelah Hari Raya Idul Fitri tahun ini mengalami peningkatan hingga 12 ribu jiwa. Perkiraan penambahan ini mengacu pada arus urbanisasi setelah musim Lebaran pada 2012 yang mencapai 8.300 jiwa.

“Jumlah tersebut merupakan satu persen dari total jumlah penduduk di Kota Tangsel yang mencapai 1,2 juta jiwa,” ujar Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tangerang Selatan Toto Sudarto, Ahad, 11 Agustus 2013.

Toto mengatakan, Kota Tangerang Selatan masih menjanjikan dan bagai magnet bagi para kaum urban untuk mengadu nasib. Menurut dia, hal tersebut sudah menjadi tradisi di berbagai daerah. Banyak warga yang hijrah ke wilayah penyangga Ibu Kota untuk mencari pekerjaan.

“Kami tidak melarang para pendatang untuk tinggal di Kota Tangsel,” ujar dia. Namun, kata dia, para pendatang harus jelas administrasi kependudukannya dan juga jelas pekerjaannya.

Tak hanya itu, ujar Toto, warga pendatang yang ingin mencari pekerjaan harus memiliki kompetensi sehingga tidak menjadi beban bagi pemerintah daerah setempat yang bisa menambah masalah sosial. “Kompetensi pendidikan dan keterampilan serta tujuan mencari lapangan kerja sehingga tidak menjadi pengangguran di Tangerang Selatan,” kata Toto.

Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangsel, Yusuf Ismail, mengatakan pertambahan jumlah penduduk saat arus balik Lebaran setiap tahunnya terus meningkat cukup signifikan. “Mayoritas warga pendatang ini karena ingin mencari pekerjaan,” kata Yusuf.

Yusuf mengatakan, kaum urban yang datang pada 2011 mencapai 5.000 orang, sedangkan pada 2012 bertambah menjadi 8.300 orang. “Pendatang baru akan didata. Dan jika tidak memiliki pekerjaan jelas akan disarankan untuk kembali ke daerah asalnya,” ujar Yusuf. (tempo.co)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top